detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 04 Agu 2019 19:39 WIB

Lalu M. Zohri Tak Terbendung di Kejurnas Atletik 2019

Mercy Raya - detikSport
Lalu Muhammad Zohri tak terbendung di Kejuaraan Nasional Atletik 2019. (Foto: Agung Pambudhy) Lalu Muhammad Zohri tak terbendung di Kejuaraan Nasional Atletik 2019. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Lalu Muhammad Zohri tak terbendung di Kejuaraan Nasional Atletik 2019. Dia menjadi yang pertama di nomor lomba 200 meter U-20.

Dalam perlombaan final yang berlangsung di Stadion Atletik Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (4/8/2019), Zohri, yang mewakili Nusa Tenggara Barat, tampil impresif menghadapi lawan-lawan seusianya.

Dia mencatatkan waktu 20,81 detik sekaligus mempertajam rekor junior atas namanya sendiri. Sebelumnya, di babak penyisihan Kejurnas Atletik 2019, Zohri memecahkan rekor nomor 200 meter putra U-20 milik Franklin Burumi 21,27 detik pada 2009.

Bagi Zohri, yang sudah hampir dua tahun tak turun di 200 meter, hasil ini adalah kebanggaan.


"Sebenarnya karena saya sudah lama tidak turun di 200 meter. Sudah sekitar dua tahun lebih lah, seperti PPLP dan terakhir itu di Panglima Open. Itu pun musuhnya senior-senior. Makanya sekarang buat mencoba hasil latihan saya setelah di sini. Makanya, bisa lari segitu saya bersyukur dan puas," kata Zohri, usai lomba.

Medali perak direbut pelari asal Gorontalo, Izrak Ujulu, dengan catatan waktu 21,77 detik. Medali perunggu diraih M. Ramdan Fitriadi dengan catatan waktu 21,77 detik.

Meski berhasil mempertajam rekor junior, Zohri di nomor yang sama, namun level senior, catatan waktunya masih kalah dari pendahulunya, Suryo Agung Wibowo, yang mencatatkan waktu 20,76 detik saat SEA Games 2007 Thailand.

"Sebenarnya bukan target saya memecahkan rekor, apalagi setelah pelatih konsultasi dengan dokter dan diminta saya tak perlu main maksimal. Cukup 95 persen saja," dia menjelaskan.

"Mungkin pelatih takut juga karena belum tiga bulan masih sakit makanya saya tak dikasih maksimal. Sementara, persiapan saya sebenarnya untuk ke Kejuaraan Dunia di Doha, Qatar, September mendatang," dia menambahkan.




Simak Video "Cerita Haru Zohri, Juara Dunia Lari yang Latihan Tak Beralas Kaki"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED