ADVERTISEMENT

SEA Games Tiga Bulan Lagi, Siapa Mau Jadi CdM?

Mercy Raya - Sport
Rabu, 14 Agu 2019 19:20 WIB
Pembukaan SEA Games 2017 Kuala Lumpur. (AntaraFOTO)
Jakarta - Chef de Mission (CdM) atau kepala kontingen Indonesia menuju SEA Games 2019 Filipina belum dipastikan. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan mengumumkan dalam waktu dekat.

SEA Games 2019 digelar pada 30 November sampai 11 Desember di Filipina. Ada 52 cabang olahraga yang dipertandingkan, Indonesia berencana hanya tampil di 36 cabang. Akan tetapi, tiga bulan jelang perhelatan KOI belum juga mengumumkan CdM kontingen Indonesia.

"Kami akan umumkan nanti," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal KOI, Hellen Sarita De Lima, di Kantor KOI, FX Sudirman, Rabu (13/8/2019).


Idealnya, penunjukan CdM dilakukan enam bulan sebelum pelaksanaan sebuah pesta olahraga. Berkaca multievent sebelumnya, CdM membutuhkan waktu untuk mengenal atlet dan ofisial lebih intens. Minimal untuk mengetahui secara detail kondisi atlet yang diturunkan, sehingga tak ada lagi kecolongan mewakilkan atlet cedera.

Sempat ada perubahan positif dilakukan pemerintah saat menunjuk Komandan Kontingen Olimpiade Rio de Janeiro, Raja Sapta Oktohari, yakni delapan bulan sebelum perhelatan. Sayangnya, di SEA Games kali ini, kebiasaan tersebut terulang.

"Nanti kami bicarakan. Tidak apa-apa (mepet). Nanti kami akan umumkan dalam waktu dekat," ujar dia.

Tak hanya soal CdM, sampai kini kontingen Indonesia juga belum terbentuk. Hellen mengatakan pihaknya masih menunggu hasil dari monitoring dan evaluasi yang dibentuk tim KOI sebelum entry by name pada 2 September mendatang.

"Tim Monev dari KOI dan Kemenpora akan bersama-sama ke lapangan guna memastikan hasil pelatnas. Nantinya data itu akan digunakan untuk menentukan berapa kontingen yang dikirim, baik sport maupun name-nya," ujar dia.

Simak Video "Koi Blitar, Terkenal dengan Jenisnya yang Unggul dan Memiliki Warna yang Cantik, Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT