detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 22 Agu 2019 14:58 WIB

Resmi, PON Papua Sesuai Jadwal!

Mercy Raya - detikSport
Rapat koordinasi PON 2020 Papua di kantor Kemenpora, kamis (22/8). (Mercy Raya/detikSport) Rapat koordinasi PON 2020 Papua di kantor Kemenpora, kamis (22/8). (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua batal ditunda. Pesta olahraga nasional itu digeber 20 Oktober sampai 2 November 2020.

Keputusan diumumkan oleh Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, usai menjalani rapat pembahasan persiapan penyediaan peralatan pertandingan PON ke-20 di lantai 3 Kemenpora, Senayan, Kamis (22/8/2019). Acara tersebut juga dihadiri para pengurus induk cabor dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Papua (Kadispora), Alexander K. Y. Kapisa.

"PON tetap on schedule. Insya Allah akan dibuka pada 20 Oktober 2020. Sementara, untuk kesiapan dari venue hampir dikatakan sudah betul-betul siap, paling lambat Mei 2020 sudah selesai," kata Gatot.


Sebelumnya, PON memang akan direncanakan 9-21 September. Namun, pada April lalu, perubahan tanggal dilakukan ke 20 Oktober-2 November. Dalam prosesnya, wacana menunda PON kembali mencuat. Kali ini, Papua terkendala pengadaan peralatan perlombaan dan pertandingan.

"Mengenai peralatan kan kemarin memang ada isu tersebut. Kepada Papua kami memberikan keistimewaan. Jika PON sebelumnya tidak ada bantuan dari pusat untuk anggaran peralatan, hanya dana penyelenggaraan Rp 100 miliar (PON Jabar 2016)," Gatot menjelaskan.

"Nah, untuk Papua ini sangat spesial dalam konteks ada bantuan untuk penyelenggaraan dalam hal penganggaran. Untuk anggaran penyelenggaraan sebesar Rp 300 miliar, sedangkan peralatan Rp 191 miliar," dia menambahkan.

"Dengan asumsi Papua tidak tidak merasa sendiri. Belum lagi Papua ternyata sudah menganggarkan APBD baik untuk APBD Perubahan tahun ini dan tahun depan sekitar Rp 300 miliar karena memang kebutuhannya banyak," ujar dia.

"Melalui kesempatan tadi kami akan sering-sering berkomunikasi dengan cabor untuk kepastian. Memang harus diakui selama ini hanya rapat dengan Kemenpora Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Papua, KONI. Cabor sudah tapi melalui delegasi teknik dan tidak seintensif hari ini," Gatot menegaskan.

PON Papua ke-20 akan memperebutkan medali emas dari 47 cabor, 69 disiplin, 768 nomor pertandingan. Saat ini sedang berlangsung Kualifikasi PON.





Simak Video "Tinjau Stadion Papua Bangkit, Jokowi: Fokus jadi Provinsi Sepakbola dan Atletik"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com