detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 31 Agu 2019 13:54 WIB

Hari Kedua CCI Series Bupati Cup Gunungkidul Pertandingkan Kategori Criterium

Pradito Rida Pertana - detikSport
Lomba Customs Cycling Indonesia (CCI) XXIX Series Bupati Cup Gunungkidul V (Foto: Pradito Rida Pertana) Lomba Customs Cycling Indonesia (CCI) XXIX Series Bupati Cup Gunungkidul V (Foto: Pradito Rida Pertana)
Gunungkidul - Memasuki hari kedua lomba Customs Cycling Indonesia (CCI) XXIX Series Bupati Cup Gunungkidul V tahun 2019, ratusan pembalap adu kecepatan di kategori criterium.

Salah seorang panitia LCC, Heri Santosa (33), mengatakan lomba untuk kategori criterium ini diikuti ratusan peserta. Setiap peserta adu kecepatan untuk menyelesaikan belasan lap dengan sistem mendulang poin terbanyak pada setiap lapnya.

"Pesertanya ada ratusan dan terbagi dalam 6 kelas, yaitu Man Youth, Man Junior, Man Elite, Woman Youth, Woman Junior dan Woman Elite," katanya saat ditemui di garis start, Taman Kuliner Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (31/8/2019).

Lanjut Heri, untuk teknis perlombaan sendiri para peserta akan memacu sepedanya dengan rute mengelilingi area Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul. Menurutnya, total panjang lintasan untuk satu lap sekitar satu kilometer.

"Hari ini criterium dan besok dilanjutkan road race dengan garis start di depan balai Desa Plembutan, Kecamatan Playen, Gunungkidul," ujarnya.


Mochamad Ircham, selaku bidang teknis dalam LCC, CCI series menambahkan, selama jalannya lomba panitia sangat memperhatikan keselamatan para peserta. Menurutnya, pada perlombaan tadi tidak ada accident serius yang dialami para peserta.

"Untuk accident (serius) belum ada," katanya saat ditemui di garis start, Taman Kuliner Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (31/8/2019).

Berkaca dari penyelenggaraan CCI series yang sudah berlangsung selama 10 tahun ini, Ircham menyebut lomba yang bekerjasama dengan Pemkab, Djarum Foundation, Isoplus dan Nestle ini akan terus berlangsung setiap tahunnya.

"Karena sudah 1 dekade kita harapkan lomba seperti ini berkelanjutan dan tetap dengan sistem 3 series dalam setahun," katanya.

Diwawancarai terpisah, Team Manager SEA Games Malaysia, Amrun Misnoh, mengatakan bahwa timnya selalu ikut serta dalam gelaran CCI series. Untuk perlombaan kali ini, ia membawa tim balap sepeda wanita Malaysia yang dipersiapkan untuk SEA Games di Filipina.

"Saya sudah 5 kali ke sini (Gunungkidul) dan kemarin (Jumat 30/8/2019) anggota tim yang bernama Nur Aisyah binti M. Zubir memenangi kelas individu time trial," ujarnya.

Dalam LCC CCI series di Gunungkidul ini, Amrun membawa tiga orang, di mana satu diantaranya berlaga di kelas Woman Junior.

"Selain itu, keikutsertaan kami ini memang untuk persiapan jelang SEA Games bulan November besok," ujarnya.




Simak Video "Bupati Tegal Diteror, Mobil Dinasnya Dibakar Pria Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com