detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 17 Sep 2019 10:19 WIB

Negara ASEAN Jalin Solidaritas di Kompetisi Olahraga APA Sports Meet

Mustiana Lestari - detikSport
Foto: APA Sports Meet Foto: APA Sports Meet
Jakarta -

Seribu atlet dan kontingen dari sembilan negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN Ports Association telah tiba di tanah air untuk memperkuat solidaritas dan persahabatan melalui ajang kompetisi olahraga, 13th APA Sports Meet. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC bersama-sama dengan PT Pelabuhan Indonesia/Pelindo I, III, dan IV (Persero) menyambut kedatangan para tamu negara di Yogyakarta.

Kompetisi olahraga yang rutin diselenggarakan dua tahunan ini, sudah berlangsung sejak tahun 1987. Tahun ini kegiatan akan digelar di Yogyakarta dan Semarang, Indonesia pada 16-21 September 2019. Mengusung tema One sPORT One Spirit, APA Sports Meet 2019 merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan hubungan bisnis dan memperbaharui semangat kerjasama antarpelabuhan di ASEAN.

"Selain berkolaborasi di bidang kepelabuhanan, ASEAN Ports Association rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan, salah satunya kompetisi olahraga. Kompetisi ini diharapkan dapat mempererat hubungan baik sesama anggota APA sekaligus ikut mendorong kemajuan potensi industri pariwisata di Indonesia," kata Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya, dalam keterangan tertulis, Selasa (17/9/2019).

Menjadi sebuah kehormatan bagi IPC dapat menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah ajang olahraga besar ini. Sebelumnya, Indonesia (tim atlet gabungan dari PT Pelindo I-IV) adalah Juara Umum APA Sports Meet 2016 yang belangsung di Vietnam. Tahun ini, sebanyak 42 medali emas siap diperebutkan dari 7 cabang olahraga, yakni bulutangkis, Tenis, Tenis Meja, Mini Marathon, Futsal, Golf, dan Bowling.

Mengusung semangat sinergi dan kolaborasi BUMN, IPC menggandeng beberapa BUMN untuk terlibat dalam mensukseskan penyelenggaraan APA Sports Meet 2019. Terdapat empat BUMN yang menjadi sponsor yaitu PT Bank Negara Indonesia (BNI), PT Wijaya Karya (WIKA), PT Bank Rakyat Indonesia dan PT Bank Tabungan Negara. Selain itu ada juga beberapa anak perusahaan IPC yang juga menjadi sponsor seperti PT IPC Teminal Petikemas, PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT Pengembang Pelabuhan Indonesia.

"Saya mengapresiasi rekan-rekan BUMN yang terlibat menyukseskan APA Sports Meet 2019. Terima kasih. Semoga sinergi seperti ini dapat terus dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi Tanah Air," ujar Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya.

Dengan konsep bernuansa tradisional pada setiap elemen acara, IPC ingin tidak hanya mengusung sportivitas dalam berolahraga, tapi juga mengangkat keindahan alam dan budaya Indonesia yang beragam pada penyelenggaraan 13th APA Sports Meet.

Acara pembukaan yang akan berlangsung pada Selasa malam, 17 September 2019 akan diawali dengan tari tradisional dan pertunjukan menarik yang memperkenalkan budaya Indonesia. Sebanyak sekitar 1.000 delegasi dari masing-masing negara mengawali seremoni dengan melakukan deville yang membuat suasana di stadion begitu meriah.

Prosesi menyalakan obor oleh legenda olahraga Indonesia, Yayuk Basuki, akan menandai dibukanya 13th APA Sports Meet yang siap berlangsung pada 17-21 September 2019 di Yogyakarta dan Semarang.


Negara ASEAN Jalin Solidaritas di Kompetisi Olahraga APA Sports Meet






Simak Video "Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ke-35 ASEAN di Bangkok"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com