detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 17 Sep 2019 16:19 WIB

Terpikat Sepeda Lipat

Kenapa Brompton? Ananda Mikola: Style dan Praktis

Mercy Raya - detikSport
Halaman 1 dari 3
Ananda Mikola salah satu penggila Brompton (Foto: koleksi pribadi) Ananda Mikola salah satu penggila Brompton (Foto: koleksi pribadi)
Jakarta - Sepeda lipat semakin digandrungi masyarakat di banyak kota besar Indonesia. Buat Ananda Mikola, Brompton jadi pilihan utama karena style dan praktis.

Brompton menjadi salah satu jenis sepeda lipat yang sedang tren dengan harga puluhan juta. Meski mahal, seli (sepeda lipat) Brompton tak kehilangan penggemar.

Pebalap mobil nasional Ananda Mikola misalnya. Dia ternyata penyuka seli Brompton sejak empat tahun silam dan semakin menggemari dalam beberapa bulan terakhir.

"Sebetulnya sudah lama, sudah 3 sampai 4 tahun lalu (punya seli Brompton). Cuma karena waktu itu teman-teman saya belum ada yang punya jadi saya jarang menggunakannya," cerita Ananda kepada detikSport.



Ananda Mikola sudah dua tahun lebih memiliki sepeda BromptonAnanda Mikola sudah dua tahun lebih memiliki sepeda Brompton Foto: Ananda Mikola


"Belakangan barulah beberapa teman saya main sepeda lipat. Saya juga banyak mengajak teman-teman yang tadinya tidak main sepeda lipat, jadi (semakin) suka, karena bukan hanya olahraga saja. Sepeda lipat juga style dan tidak terlalu serius. Pakaian casual juga bisa," dia menjelaskan.

Suami dari artis Marcella Zalianty ini pun mengungkapkan alasan memilih jenis Brompton ketimbang jenis sepeda lain.

"Saya suka jenis itu (Brompton) karena sepedanya praktis. Saya ini kan bukan yang spesialis banget terhadap olahraga. Di satu sisi, saya juga suka traveling ke luar kota, luar negeri, jadi lebih mudah membawanya. (Walau mahal) tapi kan buat kesehatan? Sakit kan lebih mahal," ujarnya.

Kegemarannya terhadap seli pun menjadikan Ananda punya kegiatan lain dari sekadar olahraga. Dia mengaku kerap memodifikasi sepedanya untuk mendapatkan kenyamanan saat mengendarainya.

"Sering banget (modifikasi) makanya sepedanya jadi banyak hahaha. Ya, sekitar empat sampai tujuh sepeda. Yang pasti saya ubah karena mencari entengnya," kata dia.

Tapi dia juga tak menampik jika dibandingkan Brompton, road bike lebih nyaman. Namun, tidak untuk kepraktisannya.

"Tetap lebih enak sepeda road bike, jauh. Bannya juga lebih besar, sementara sepeda Brompton tak terlalu enak, bannya juga lebih kecil, jadi dipakai gowes juga tak enak-enak banget. Saya melihat kepraktisannya sih dan dari fashionnya juga lebih mudah. Tidak seperti road bike yang harus lengkap jerseynya," Ananda mengungkapkan.



Lanjut ke halaman berikutnya. (mcy/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com