detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 22 Sep 2019 20:47 WIB

Tepatkah Kompleks GBK Jadi Arena Balapan?

Mercy Raya - detikSport
Komplek GBK bakal dijadikan arena balap bulan depan (Rengga Sancaya/detikSport) Komplek GBK bakal dijadikan arena balap bulan depan (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta - Kompleks Gelora Bung Karno bakal menjadi arena balapan awal Oktober mendatang. Tepatkah jadi venue balap?

GBK dijadwalkan akan menjadi venue balapan mobil bertajuk GBK Race! Time Attack Challenge. Dalam pengumumannya, ajang yang menjadi hajatan Orange Racing Committee itu dilangsungkan 4-6 Oktober 2019.

Sebelum dihelat, Kompleks GBK ternyata sudah lebih dulu melakukan uji coba pada Kamis (19/9/2019). Padahal area itu biasanya digunakan untuk publik yang ingin berolahraga, baik berlari, sepeda, atau jalan cepat.

Lantas bagaimana Ikatan Motor Indonesia melihat ketepatan penggunaan area GBK untuk balapan mobil?






"Kami tak tahu, saya belum tahu (memang pantas jadi area balap atau tidak), karena kalau mau lihat itu lay out dan safetynya harus saya lihat dulu," kata Ketua IMI Pusat Sadikin Aksa kepada detikSport, dalam sambungan telepon Minggu (22/8/2019).

"Kami dari IMI, saya tak bisa bilang bisa atau tidak juga. Tetapi kami harus melihat lay out dan siapa yang desain. Contoh desain itu, apa yang dilakukan Monas misalnya itu tak mudah. Itu unsur safetynya, kalau ada tabrakan keluarnya bagaimana, dan itu sesuatu yang sangat rumit," dia menjelaskan.

"Saya yakin pada saat ada perubahan-perubahan (GBK) pasti tak akan mau mengubah. Sebab, (sedikit banyak) pasti ada perubahan infrastruktur untuk safety-nya. Jadi menurut saya tak mudah. Planningnya harus jauh-jauh hari."




Simak Video "Komentar Pengguna GBK Soal Arena Balap Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com