detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 28 Sep 2019 21:45 WIB

Pebalap Sepeda Australia Juarai Tour de Banyuwangi Ijen 2019

Ardian Fanani - detikSport
Robbie Hucker juara Tour de Banyuwangi 2019 (Ardian Fanani/detikSport) Robbie Hucker juara Tour de Banyuwangi 2019 (Ardian Fanani/detikSport)
Banyuwangi - International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019 usai. Pebalap Australia yang memperkuat UKYO, Robbie Hucker, keluar sebagai juara umum.

Hucker mencatatkan total waktu sejak etape pertama hingga terakhir, Sabtu (28/9/2019) 13 jam 5 menit dan 23 detik. Peringkat kedua menjadi milik Michael Vink (St George Continental Cycling Team) dengan selisih 16 detik dan posisi ketiga ditempati Jesse Ewart (Team Sapura Cycling), yang terpaut satu menit dan 53 detik.

"Saya sangat senang bisa mendapatkan yellow jersey, sekaligus menjadi pemenang di sini. Saya berulang kali datang ke Indonesia. Akan tetapi, saya baru pertama kali ini datang ke Banyuwangi," ujar Hucker usai balapan.


Hucker kian gembira karena ITdBI 2019 menjadi penutup musim di tahun ini.

"Saya senang karena berhasil mengakhiri musim ini dengan happy ending," pebalap yang juga tercatat sebagai juara Tour de Taiwan 2016 itu menegaskan.

Untuk kategori lain, Lebas hanya menempati posisi keempat di klasemen umum kategori pembalap, namun ia berhasil menyabet climber terbaik (polkadot jersey).

Sementara itu, untuk kategori lainnya, green jersey (raja sprinter) direbut pembalap Selandia Baru, Corbin Strong, yang tergabung dalam ST George Continental Team. Sementara, raja tanjakan (KoM) diraih oleh Thomas Lebas.

Khusus untuk kategori pembalap Indonesia terbaik alias red and white jersey direbut Aiman Cahyadi. Rider PGN Road Cycling Team itu mengungguli Muhammad Abdurrohman, dan Agung Sahbana. Rohman dan Agung berasal dari tim yang sama, KFC Cycling Team.

Kendati mendapatkan jersey merah putih itu, Aiman tak puas dengan posisi di klasemen akhir.

"Padahal target saya adalah mencari poin di sini. Tetapi masuk sepuluh besar saja tidak. Meski demikian saya tetap bersyukur karena menjadi juara di stage kedua," ujar pembalap kelahiran Bandung itu.

Juara Etape IV Milik Thomas Lebas

Hucker tak menjadi juara di etape keempat dari Pasar Purwoharjo dan berakhir di Gunung Ijen sepanjang 129,9 km itu. Thomas Lebas yang finis terdepan dengan catatan waktu 3 jam 47 menit 51 detik. Amir Kolahdozhagh (Taiyuan Miogee Cycling Team) menempati peringkat kedua diikuti Benjamin Prades (Team UKYO).

Sementara itu, Hucker mengisi peringkat kedelapan di etape keempat itu. Ia terpaut 2 menit 50 detik dari Lebas.

"Saya memang tidak berharap mendapatkan jersey kuning. Sebab gap waktu antara saya dengan Robbie memang terlalu jauh," kata Lebas.



Simak Video "Berbatov Minta MU Hati-hati Angkut Erling Haaland"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com