detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 16 Okt 2019 21:23 WIB

Pria Pemilik Sabu Itu... Pelatih Pelatnas Balap Sepeda

Mercy Raya - detikSport
Ilustrasi balap sepeda. (Pradita Utama/detikSport) Ilustrasi balap sepeda. (Pradita Utama/detikSport)
Jakarta - Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) mengakui pria yang ditangkap polisi terkait kepemilikan sabu adalah pelatih pelatnas. Dia adalah Ferry Sonic.

Ferry diketahui merupakan pelatih nasional di spesialis mountain bike (MTB) alias sepeda gunung untuk SEA Games 2019 Filipina. Dia diciduk karena memiliki 0,2 gram sabu saat berada di Hotel di kawasan Pulomas, Pulogadung, Jakarta Timur pada Selasa (15/10/2019).

Meski begitu, PB ISSI belum menindak lebih lanjut atas pelatih tersebut. Kepala bidang Pembinaan Prestasi PB ISSI Budi Saputra mengatakan dirinya masih berada di Korea Selatan.


PB ISSI tengah menggodok masalah itu. Untuk pendampingan atlet, pelatnas balap sepeda nomor sepeda gunung diserahkan kepada asisten Ferry, Bandi Sugito.

"Kami dari PB ISSI masih menunggu info lebih lanjut. Saya masih di Korea Selatan dan belum berjumpa dengan yang bersangkutan," kata Budi kepada pewarta dalam sambungan telepon Rabu (16/10/2019).

"Tidak ada penggantian (pelatih) karena selama ini kami punya dua pelatih mountain bike. Salah satunya, Bandi. Dia yang akan mengambil alih tim tersebut," dia menjelaskan.

Budi sekaligus menegaskan meski ada persoalan yang menyangkut kepelatihan MTB, pelatnas atlet balap sepeda itu tetap berjalan.

"Kami pastikan timnas balap sepeda jalan terus. The show must go on. Tidak ada masalah," katanya.

Menyoal kasusnya, bagi Ferry ini bukan lah kali pertama. Pada 2008 dia pernah mengalami kasus yang sama.

Nomor MTB menjadi lumbung emas PB ISSI di ajang internasional. Tiara Andini Prastika dan Khoiful Mukhib adalah peraih medali emas Asian games 2018 Jakarta Palembang.



Simak Video "Tanjakan dan Kerikil Jadi Tantangan Peserta Pro MTB Race 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com