detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 22 Okt 2019 01:38 WIB

Dua Petembak Indonesia Lolos ke Paralimpiade Tokyo 2020

Bayu Ardi Isnanto - detikSport
Jumpa pers NPC Indonesia terkait hasil World Shooting Para Sport Championship 2019 di Sidney. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikSport) Jumpa pers NPC Indonesia terkait hasil World Shooting Para Sport Championship 2019 di Sidney. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikSport)
Jakarta - Dua petembak Indonesia dipastikan memperoleh tiket ke Paralimpiade Tokyo 2020. Mereka adalah Bolo Triyanto dan Hanik Puji Astuti.

Bolo dan Hanik memastikan mendapatkan tempat di Paralimpiade tahun depan selepas keikutsertaan di World Shooting Para Sport Championship 2019 di Sidney. Sementara satu atlet lain yang dibawa yakni Ahmad Ridwan gagal lolos.


"Di Sidney kita bawa tiga atlet, namun yang lolos Bolo dan Hanik, Ridwan tidak lolos. Kompetisi ini tidak memperebutkan medali namun berebut kuota ke Paralympic 2020 Tokyo," kata Ketua Bagian Luar Negeri NPC Indonesia, Sukanti Bintoro, dalam jumpa pers di Solo, Senin (21/10/2019).

Adapun Bolo berkompetisi di rifle standing, Hanik di rifle prone dan standing, sedangkan Ridwan di pistol. Ketiganya tampil di nomor jarak 10 meter.

Sukanti menyebut bahwa Bolo hampir saja didiskualifikasi gara-gara per penyangga yang terlalu keras. Beruntung tim Jepang mau meminjamkan peralatannya kepada Bolo.


"Dipinjamkan oleh tim Jepang, tapi itu per jauh lebih lembut. Bolo juga susah adaptasi. Dia hanya latihan dua kali tapi bisa lolos," ujar Sukanti.

Masalah peralatan menjadi catatan tersendiri bagi tim menembak NPC. Sukanti mengaku sehari-hari tim Indonesia berlatih dengan peralatan manual.

"Seharusnya sudah pakai computerize, ada siusnya, tapi kita tidak punya. Arena kita tidak punya, full manual," ujar dia.


Sukanti berharap pemerintah dapat memberikan fasilitas yang lebih baik. Dia yakin timnya bakal memperoleh hasil lebih baik jika mendapatkan fasilitas lebih.

"Meskipun lolos, nilai mereka sebenarnya jauh di bawah catatan rekor mereka saat latihan. Jadi dengan diperbaikinya peralatan yang sesuai spesifikasi, saya yakin bisa menambah nilai mereka," tuturnya.

Simak Video "Keluhkan Lapangan Luksemburg, Ronaldo Sebut Ladang Kentang"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com