detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 12 Nov 2019 18:06 WIB

Gaji Pelatnas SEA Games 2019 Telat, Atlet: Beli Sabun Mandi Saja Sulit

Mercy Raya - detikSport
Pelatnas rowing di Waduk Jatiluhur, Purwakarta (Mercy Raya/detikSport) Pelatnas rowing di Waduk Jatiluhur, Purwakarta (Mercy Raya/detikSport)
Purwakarta - Atlet pelatnas rowing belum menerima gaji lima bulan terakhir hingga kesulitan membeli sabun mandi. Padahal, SEA Games 2019 Filipina sudah di depan mata.

Pelatnas rowing digeber sejak Januari 2019. Uang saku senilai Rp 4,5 juta hingga 10 juta, untuk 13 atlet (tujuh putra dan enam putri) pelatnas selama enam bulan pertama mengalir meskipun dibayarkan dua kali.

Tapi, uang saku mereka sejak Juli hingga November tak cair. Sampai-sampai sebagian atlet kesulitan membeli sabun mandi.

"Sampai kini, kami belum menerima gaji sejak Juli. Sebelumnya juga telat Januari sampai Juni, tapi itu sudah dibayar dengan cara dirapel tiap tiga bulan," kata Ihram, salah satu atlet pelatnas rowing di Jatiluhur, Purwakarta, Selasa (12/11/2019).

"Kebetulan beli di sini buat kebutuhan sabun mandi dan lainnya. Mungkin yang sudah kerja enak tapi yang belum bekerja seperti junior kasihan," ujar atlet asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini.


Senada, atlet pelatnas rowing lainnya, Ferdiansyah dan Romdon Mardiana, kesulitan keuangan. Beruntung dia disubsidi keluarga dari Bandung, padahal biasanya mereka menyisihkan uang saku untuk keluarga.

"Jadi, kami sampai lupa sudah tak kirim, malah keluarga yang kirim kami uang untuk membiayai kebutuhan hidup di sini," kata Romdon.

"Antisipasinya paling menggunakan sisa uang bonus, atau hadiah-hadiah selepas kejuaraan kemarin. Bisa juga gunakan gaji kantor tapi sebenarnya itu buat rumah," kata Romdon yang merupakan Serda TNI AL.

"Tetapi tidak sampai saling pinjam uang (sesama atlet) juga," Ihram menimpali.

Ferdiansyah bilang gaji telat yang terjadi tahun ini merupakan yang terburuk sejak 2015. Tahun lalu bahkan gaji yang diterima sangat lancar.

"Ya mungkin karena tuan rumah Asian Games," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com