detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 12 Nov 2019 18:28 WIB

Akan Gelar 2 Ajang Balap Motor Asia, Pembangunan Sirkuit Sekayu Dikebut

Raja Adil Siregar - detikSport
Sky Land International Circuit Sekayu  sedang dalam tahapa penyelesaian akhir. (Raja Adil Siregar/detikSport) Sky Land International Circuit Sekayu sedang dalam tahapa penyelesaian akhir. (Raja Adil Siregar/detikSport)
Jakarta - Pemkab Musi Banyuasin di Sumatera Selatan memastikan menjadi tuan rumah dua ajang balap motor internasional. Sky Land International Circuit Sekayu menjadi venue.

Pertama, Sky Land Inetrnational Circuit Sekayu itu menggelar Asia Auto Gymkhana Cup pada 30 November hingga 1 Desember. Kemudian, ajang balap Supermoto Cup 7-8 Desember.

Kadis Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Musi Banyuasin, Muhammad Fariz, mengatakan sirkuit sedang dimatangkan. Saat ini, lahan seluas 27 hektare itu tengah dalam proses penyelesaian akhir menjadi sirkuit.

"Ada dua event tingkat Asia, baik itu event Muba Asia Auto Gymkhana Cup hingga Muba International Supermoto Cup 2019. Dua event ini pelaksanaan hanya berjarak sepekan. Saya pastikan sirkuit ini siap untuk dipergunakan," kata Fariz kepada detikSport, Selasa (12/11/2019).


Meski masih dalam proses pengerjaan sarana pendukung, Fariz memastikan sirkuit rampung sebelum jadwal acara. Targetnya, lanjut Fariz, sirkuit selesai 23 November 2019.

"Untuk progresnya saat ini sudah sekitar 90 persen. Sebelum kegiatan kita mulai, pengerjaan bangunan di sini dipastikan selesai dan siap digunakan," Fariz menambahkan.

"Target kita ini dapat meningkatkan sport tourism, baik nasional atau internasional. Banyak fasilitas yang kami siapkan mulai dari tribun penonton dan yang pasti tidak membebankan penonton membayar tiket masuk alias gratis," katanya.

Terkait peserta untuk dua even tersebut, Fariz mengungkapkan untuk Muba Asia Auto Gymkhana Cup telah terkonfirmasi ada enam negara ambil bagian. Sementara itu, untuk di Muba International Supermoto Cup, sampai saat ini tujuh negara memastikan bakal hadir.

"Indonesia, Malaysia, Australia, Philipina, Singapura, Taiwan, Inggris. Ada juga dari mantan pembalap nasional Chandra Alim akan hadir," kata dia.

Salah satu peserta Asia Auto Gymnkhan Cup, James Sanger mengatakan target yang diembannya adalah juara emas, dimana mempertahankan juara seperti pada even-even sebelumnya.

"Saya sering mengajar dan berlatih, saya optimis nanti akan bisa raih juara emas. Saya ingin melestarikan emas untuk Indonesia," kata James.



Simak Video "Adu Balap Motor Di Tengah Sawah, Polewali Mandar"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com