detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 14 Nov 2019 20:37 WIB

Uang Ditambah & Kontingen Bengkak, Kenapa Target ke SEA Games 2019 Malah Turun?

Mercy Raya - detikSport
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menpora Zainudin Amali menurunkan target medali emas kepada kontingen Indonesia menuju SEA Games 2019 Filipina. Padahal, uang keberangkatan dinaikkan.

Kontingen Indonesia ke SEA Games 2019 direncanakan diperkuat 837 atlet. Mereka akan mentas di 51 cabang olahraga (65 disiplin cabang olahraga) dan 418 nomor. Jumlah itu membengkak dari laporan sebelumnya 780 atlet, 239 pelatih, dan 257 ofisial dan akan mengikuti 49 cabang olahraga.

Dengan kekuatan tersebut, Indonesia membidik posisi akhir empat besar. Berkaca pada hasil SEA Games 2017 Kuala Lumpur, kontingen Merah Putih minimal harus mengoleksi 54 medali emas.

Tapi, Menpora menurunkan target itu menjadi 45-50 medali emas. Apa alasannya?


"Kontingen Indonesia untuk berangkat ke SEA Games di Filipina, dan Insya Allah laporan dari CdM kondisi kita sudah dalam keadaan siap," kata Amali dalam jumpa pers di Kantor Kemenpora, Senayan, Kamis (14/11/2019).

"Dari 837 atlet yang kami kirim dengan 51 cabor, target pertama tentu kami mau lebih baik dari SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. Waktu itu, kita peringkat lima tentu harus di atas itu," ujar dia.

"Kalau diminta berapa target perkiraan yang dilaporkan ke kami sekitar 50 emas tapi kita discount lagi ada margin error, karena main di luar negeri. Di lapangan apapun bisa terjadi, apalagi kita tidak bertanding di rumah sendiri. Maka setelah kami pastikan dengan CdM, mudah-mudahan dengan target 45-50 emas akan memperbaiki peringkat kita," dia menjelaskan.


"Tentu kami tidak menerima begitu saja apa yang disampaikan CdM. 2017 dilaksanakan sebelum Asian Games, dengan itu kami punya harapan, ada potensi-potensi kita untuk menambah. Jadi dari situ kemudian dari waktu ke waktu Kemenpora memantau. Dengan jumlah atlet seperti ini memungkinkan tidak, lalu kami kroscek ke cabor, sehingga menemukan target tadi. Target tadi 50-an itu, kami kecilkan kembali menjadi 45," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com