detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 14 Nov 2019 20:47 WIB

Menpora Jamin Tak Ada 'Penumpang Gelap' di SEA Games 2019

Mercy Raya - detikSport
Ilustrasi kontingen Indonesia (Rengga Sancaya/detikSport) Ilustrasi kontingen Indonesia (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta - Kontingen Indonesia menuju SEA Games 2019 Filipina resmi diperkuat 1.349 orang. Menpora Zainudin Amali memastikan jumlah ini tak ada 'penumpang gelap'

Sebanyak 837 atlet akan bertanding di SEA Games Filipina, 30 November-11 Desember 2019. Mereka akan didampingi 52 manager, 192 ofisial, 69 ofisial mandiri, ekstra ofisial 31, dan headquarter 168.

Dari jumlah 837 atlet tersebut akan mengikuti 51 cabang olahraga. Lebih banyak dari awal tim monitoring dan evaluasi menetapkan yakni mengikuti 36 cabang.

Skuat Merah Putih yang membengkak itu diduga disusupi 'penumpang gelap'. Netizen menyebut keluarga ofisial ikut didaftarkan ke dalam kontingen. Amali menjamin itu tak terjadi di SEA Games 2019.


"Memang diawal ada 36 cabor, tapi dalam perjalanannya kami monitor terus. Kami percaya kepada KOI yang bertanggung jawab soal itu. Kemudian kami dilaporkan ada potensi untuk kita bisa memperoleh medali karena tujuannya mau perbaiki peringkat dan memperoleh itu. Jadi bukan karena ada tenggang rasa atau menyenangkan penyelenggara, kemudian memberangkatkan semaunya," kata Amali di Kantor Kemenpora, Senayan, Kamis (14/11/2019).

"Tetapi yang dilaporkan CdM dan KOI itu yang kami jadikan patokan dari yang awal kemudian ada perkembangan prestasi kita," ujarnya.

Menteri asal Gorontalo itu menyadari ada konsekuensi yang mungkin saja diperoleh. Untuk itu, mereka bersepakat untuk lebih memprioritaskan atlet dan pelatih yang terkait langsung.

"Pun jika ada penambahan dari cabor maka kami sepakat itu diserahkan ke cabor sendiri. Sebab, ini bukan urusan berangkat saja tapi (mendapatkan) tanda pengenal juga tidak mudah," ujar dia.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menpora Kukuhkan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com