detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 22 Nov 2019 13:09 WIB

Heboh Pernyataan UAS Haramkan Catur

Komario Bahar - detikSport
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ustaz Abdul Somad atau yang populer dengan sebutan UAS bikin heboh. Dalam salah satu video ceramahnya, dia bilang catur haram.

Heboh ceramah UAS tentang catur itu muncul bersamaan dengan kabar dia mengisi ceramah di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (20/11/2019). Tapi, pernyataan itu bukan dibuat pada ceramah di KPK itu.

Ya, setelah ditelusuri, ceramah UAS yang menyepakati permainan catur itu haram bukan video baru. Video tersebut diunggah oleh channel Youtube Teman Ngaji pada 26 Juli 2017. Dalam video 'Hukum Main Domino dan Catur, Ustaz Abdul Somad Lc. MA' itu, UAS merespons pertanyaan dari salah satu peserta yang hadir. Dalam video tersebut UAS juga menyebut catur bukanlah olahraga.

"Taz, boleh nggak mau main domino? Nah dalam mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur, itu menghabiskan waktu," ujar UAS.


"Masa olahraga, tapi bengong sampai tiga jam, aduh, mau persatuan catur nanti marah sama saya terserahlah," UAS menambahkan.

"Banyak yang dipikirkan itu pion-pion bisa selamat, kalau memang masalah ketangkasan banyak ketangkasan yang lain. Dadu dan catur sifatnya permainan," ujarnya.

Sambil berseloroh saat menjawab pertanyaan jamaah apakah dirinya pernah domino, Somad menjabarkan pernah menyabet piagam pemain domino terbaik.

"Pernah, saya punya piagam pemain domino terbaik, ada saya simpan," dia mengucapkan dan disambut tertawa oleh peserta yang hadir.

Sebelumnya UAS pernah jadi perbincangan hangat karena menyebut menonton drama Korea haram.


Sementara itu, Indonesia tengah menggodok atlet-atlet catur di pelatnas untuk menghadapi SEA Games 2019 Filipina. Cabang olahraga itu, dipertandingkan lagi di pesta olahraga Asia Tenggara setelah tak absen di SEA Games 2015 Singapura dan 2017 di Kuala Lumpur.

Selain itu, Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua juga memperebutkan medali di cabang olahraga catur. Saat ini, sedang dilangsungkan Kualifikasi PON.





Simak Video "UAS Gugat Cerai Istri"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com