detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 06 Des 2019 09:06 WIB

Tak Ada Waktu Istirahat, Agus Prayogo Langsung Fokus ke Lari 10 Ribu Meter

Mercy Raya - detikSport
Agus Prayogo meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina dari nomor lari maraton. (Aditya ES Wicaksono/sgd/foc./Antara)
Clark - Pelari Indonesia Agus Prayogo tak bisa lama-lama merayakan medali emas SEA Games 2019 Filipina di lari maraton. Dia harus berlomba di nomor 10.000 meter besok.

Di SEA Games 2019 Filipina, Agus dipersiapkan untuk mengikuti tiga nomor; lari maraton, lari 10.000 meter, dan 5.000 meter putra. Merujuk jadwal yang dirilis Panitia Penyelenggara SEA Games (Phisgoc), Agus dituntut piawai menyiasati jadwal mepet tiga nomor itu.

Agus menyelesaikan maraton di hari pertama cabang olahraga atletik, Jumat (6/12/2019), di New Clark Athletic Stadium, dengan medali emas. Besok pada Sabtu (7/12), dia sudah harus kembali mentas, yakni di nomor lari 10.000 meter. Keesokan harinya lagi, dia dijadwalkan manggung di nomor lari 5 ribu meter.


"Saya latihan untuk nomor 5 ribu dan 10 ribu karena memang hari ini jadwal maraton pertama. Jadi, saya fokus di sana. Kalau di nomor 10.000 meter mulainya besok sore jadi sudah lomba lagi. Jadi, (mungkin) saya tak akan maksimal di nomor itu," kata Agus.

"Yang pasti untuk recovery saya akan memanfaatkan waktu yang ada, karena waktunya cuma sehari," dia menjelaskan.

Untuk menyiasatinya, Agus akan meniru cara yang dipakai atlet pelatnas atletik lain di nomor lompat jauh, Maria Natalia Londa. Agus bilang Maria menyarankan dia untuk mengolesi minyak magnesium. Katanya, itu dinilai mampu menghilangkan pegal-pegal kaki dengan cepat.

Ya, Agus butuh pemulihan yang cepat. Sebab, idealnya pelari maraton membutuhkan recovery beberapa hari sebelum tampil lagi. Sedangkan, Agus butuh waktu tak sampai sehari.


"Benar, benar, saya akan coba, itu masukan dari Maria. Saya belum coba juga," ujar dia kemudian tertawa.

Agus akan berusaha untuk bisa melakukan yang terbaik seperti hari ini.

"Kalau saya pribadi yang penting masih bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Entah itu nomor maraton, nomor lari 5 ribu meter atau 10 ribu meter. Alhamdulillah target di maraton bisa tercapai emas, di 10 ribu dan 5 ribu semoga bisa memberikan yang terbaik," kata Agus.



Simak Video "Atlet Indonesia Maklumi Ketidaksiapan Filipina Gelar SEA Games 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com