detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 06 Des 2019 15:27 WIB

Sejarah Brompton, Sepeda Mahal yang Diselundupkan Direksi Garuda

Adhi Prasetya - detikSport
Brompton menjadi sepeda lipat idola para jutawan. Foto: Matthew Lloyd/Getty Images Brompton menjadi sepeda lipat idola para jutawan. Foto: Matthew Lloyd/Getty Images
Jakarta - Sepeda Brompton menjadi perbincangan usai diselundupkan oleh Direksi PT Garuda Indonesia. Seperti apa sejarah di balik sepeda idola para jutawan ini?

Dua sepeda Brompton diketahui diselundupkan ke Indonesia menggunakan Garuda Indonesia bersama dengan komponen Harley Davidson sebelum akhirnya digagalkan Bea Cukai. Hal ini membuat sang Dirut, Ari Ashkara, dicopot dari jabatannya oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

Brompton merupakan sepeda lipat yang memiliki gengsi tersendiri dikarenakan harganya yang mahal. Nama itu berasal dari 'Brompton Oratory', sebuah gereja di London yang bisa dilihat dari jendela apartemen Andrew Ritchie, saat ia merintis usahanya itu di tahun 1976.

Semua bermula saat di pertengahan 1970-an Ritchie dikenalkan oleh ayahnya pada Bill Ingram, yang sedang mencari dana untuk Bickerton, perusahaan Inggris pelopor sepeda lipat.



Sepeda Brompton yang diselundupkan lewat maskapai Garuda IndonesiaFoto: Sepeda Brompton yang dibawa pesawat Garuda Indonesia (Vadhia Lidyana/Detikcom)

Pertemuan itu menginspirasi Ritchie. Setelah Ingram pulang, ia segera menggambar sebuah desain sepeda lipat. Setelahnya, percobaan membuat sepeda lipat pertama pun dimulai.

Awalnya, Ritchie mengajak 10 orang temannya untuk menjadi investor, masing-masing memberikan 100 pound sterling. Dari uang yang terkumpul, Ritchie membuat prototipe pertamanya, yang selesai dalam setahun.

Setelah berhasil membuat 3 sepeda lipat prototipe, awalnya Ritchie hendak menjual desainnya pada perusahaan sepeda raksasa, salah satunya Raleigh, namun tak ada hasil. Meski begitu, Ritchie tak menyerah. Ia justru berhasil mendapatkan 30 pemesan yang bersedia membayar di muka, meski sepedanya belum dibuat.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com