detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 07 Des 2019 07:18 WIB

Manila Boleh Kalian Cela, tapi Clark Punya Stadion Atletik Kelas Dunia

Mercy Raya - detikSport
Ini dia Stadion Atletik yang bertaraf dunia di Clark, Filipina (Mercy Raya/detikSport) Ini dia Stadion Atletik yang bertaraf dunia di Clark, Filipina (Mercy Raya/detikSport)
Clark - Manila menyambut atlet, pelatih,ofisial, dan pewarta untuk SEA Games 2019 Filipina dengan setengah siap. Tapi, Clark memiliki cara berbeda, termasuk suguhan stadion atletiknya.

Jika Indonesia punya stadion atletik dengan trek berkelas dunia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan maka Filipina punya stadion atletik bertaraf olimpiade. Berlokasi di New Clark City Sports Hub, Stadion Atletik itu tampak megah.

Asyiknya, stadion yang sengaja dibangun untuk SEA Games 2019 itu dibuat satu lokasi dengan perkampungan atlet dan Stadion Akuatik. Bedanya, Stadion Atletik itu berada di depan athlete village, sedangkan Stadion Akuatik berada di sebelah kiri perkampungan. Makanya, atlet, pelatih, dan ofisial kontingen di SEA Games yang menginap di perkampungan atlet bisa menikmati kemegahannya.

detikSport mendapatkan kesempatan untuk menikmati stadion dengan kapasitas 20 ribu penonton itu saat berkeliling di perkampungan atlet. Tepatnya, saat mendapat kesempatan melongok ke kamar salah satu ofisial, di bagian salah satu jendela dekat lift, di sana terlihat jelas bagaimana stadion yang didominasi warna oranye itu berdiri kokoh.

Jeda sehari hari, detikSport bisa langsung merasakan atmosfer di dalam stadion secara langsung. tepat saat para atlet terbaik di negara Asia Tenggara mentas, dengan penonton yang bersorak di tribune.


Itu terjadi saat lari maraton putra dan putri SEA Games 2019 dilombakan Jumat (6/12) pagi. Wakil Indonesia, Agus Prayogo, yang start dan finis di stadion itu berhasil merasakan langsung menjejakkan kaki di atas lintasan sintetis kagum dengan stadion itu.

Manila Boleh Kalian Cela, tapi Clark Punya Stadion Atletik Kelas 1 DuniaFoto: Mercy Raya/detikSport

Di nomor maraton putra itu Agus finis terdepan dengan catatan waktu 2 jam 26 menit 48 detik.

"Keren banget. Kelihatan banget ini baru babat alas dengan bangunan yang megah. Tiap sore warga ke sini melihat karena standar olimpiade," kata Agus usai tampil.

"Pertama kali saya datang dan pertama kali saya di New Clark Stadium Athletic. Megah yang pasti. Punya kita bagus juga cuma bedanya punya kita di tengah kota nah ini babat alas. Malah sebelah rute saya tadi peternakan ayam," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com