detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 07 Des 2019 07:18 WIB

Manila Boleh Kalian Cela, tapi Clark Punya Stadion Atletik Kelas Dunia

Mercy Raya - detikSport
Ini dia Stadion Atletik yang bertaraf dunia di Clark, Filipina (Mercy Raya/detikSport) Ini dia Stadion Atletik yang bertaraf dunia di Clark, Filipina (Mercy Raya/detikSport)

Dipersiapkan untuk SEA Games 2019

Sama seperti perkampungan atlet dan stadion akuatik, stadion atletik juga dipersiapkan dalam rangka SEA Games 2019 di Filipina, khususnya Clark. Pemerintah Filipina memang sengaja memanfaatkan SEA Games untuk menghidupkan Clark yang bekas pangkalan udara Amerika Serikat (AS). Mereka membangun sejumlah stadion baru untuk mendukung SEA Games.

Peletakan batu pertama stadion itu dilakukan pada 2018 dan selesai pembangunan pada 2019. Stadion akuatik ini memakan biaya sekitar 4 miliar peso.

Sang arsitek Budji dari Royal Architecture dan Desain membuat desain yang berasal dari Gunung Pinatubo, dengan tiang dan fasadnya terbuat dari lahar serta puing-puing gunung berapi. Sementara garis atap yang berbentuk cincin dibuat dengan menyerupai kawah dan dilengkapi oleh serangkaian kanopi melengkung.

Fasad utama atau pintu masuk utama dihiasi dengan bingkai kaca sedangkan pilar-pilarnya dicat berwarna oranye untuk mewakili matahari terbenam.

Manila Boleh Kalian Cela, tapi Clark Punya Stadion Atletik Kelas 1 DuniaFoto: Mercy Raya/detikSport

Sementara iu, pilar-pilar terinspirasi dari kerangka parol sehingga mendukung struktur tempat duduk stadion serta atapnya.

Tak hanya itu, stadion juga memiliki arsitektur gudang terbuka dan garis atap yang ditinggikan untuk mengakomodir iklim tropis dan kelembapannya. Sementara itu, ventilasi menggunakan terowongan angin dan atap berbentuk oval.

Di bagian lain, stadion dilengkapi sembilan jalur lajur 400 meter dan oval lapangan di stadion, serta lintasan pemanasan dalam dengan bahan dasar karet, dan memiliki radio yang dipasang untuk mengukur atlet yang tampil di venue secara digital sesuai Time Is Required to Read (RFID).

Lebih dari itu, stadion atletik di New Clark City juga memiliki lapangan sepakbola dengan rumput yang baik dan memenuhi standar FIFA.

Nah, di bagian tribune, dari pandangan detikSport, stadion terdiri dari berbagai blok yang dibagi dalam huruf abjad. Nah, khusus di SEA Games 2019, tuan rumah menggunakan blok F sebagai pintu masuk sekaligus keluar. Sementara untuk penonton akan diarahkan langsung ke bagian tribun.

Stadion itu telah memiliki bangku yang dibuat dengan konsep single seat dan memiliki 21 kursi berbaris. Selain itu, ad layar lebar berukuran besar untuk menunjukkan daftar nama atlet yang sedang tampil untuk melengkapi stadion dengan luas 25,000 meter persegi tersebut.

Soal kualitas tak perlu diragukan, stadion itu diakui oleh Asosiasi Federasi Atletik Internasional dengan fasilitas atletik kelas 1 A, yang artinya bisa untuk menggelar perlombaan atletik di SEA Games, Asian Games, bahkan Olimpiade.

"Saya sangat berharap bahwa atlet Filipina dapat unggul di permukaan ini. Itu benar-benar akan menjadi puncak bagi kami: untuk melihat mereka mulai mencetak rekor dunia atau setidaknya rekor nasional di trek," kata Manajer Umum Grup Olahraga Asia, Shaun Goudie, seperti dilansir dari goodnewspilipinas.com.

Stadion Atletik New Clark City nantinya tidak hanya menampilkan pelari-pelari internasional berlomba menjadi juara, juga menjadi lokasi upacara penutupan SEA Games 2019 yang berlangsung 11 Desember.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com