detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 08 Des 2019 20:10 WIB

Jalan Panjang Hendra Purnama Raih Emas Recurve di SEA Games 2019

Mercy Raya - detikSport
Hendra Purnama meraih emas setelah tiga kali SEA Games 2019 Filipina.  (Nyoman Budhiana/foc/Antara) Hendra Purnama meraih emas setelah tiga kali SEA Games 2019 Filipina. (Nyoman Budhiana/foc/Antara)
Clark - Pepanah Hendra Purnama langsung sujud syukur usai menggenggam medali emas di nomor recurve perorangan putra SEA Games 2019 Filipina. Dia membutuhkan tiga jilid pesta olahraga se-Asia Tenggara untuk mewujudkannya.

Hendra reaks saat tampil pada final recurve putra di Parade Ground, Minggu (8/12/2019). Tenaganya seolah masih penuh betul di pukul 14.30, hanya jeda sekitar dua jam setelah tampil di nomor recurve beregu beregu putra bersama Riau Ega Agatha Salsabila dan Arif Pangestu. Di nomor beregu itu, Hendra dkk menyegel emas.

Bisa jadi, modal emas itulah yang membuatnya percaya diri saat menghadapi pepanah berusia 22 tahun itu menghadapi pepanah Myanmar Linn Oo Htike. Tak sulit baginya untuk memastikan emas kedua. Dia menang 6-4 atas Linn Oo.


Hendra bahagia betul. Dia bersujud, tersenyum tak habis-habisnya.

"Alhamdullilah ini medali emas pertama saya di multicabang olahraga rasanya senang, bangga, dan terharu. Tadi juga emas beregu. Ini pembuktian saya juga sebagai atlet," kata Hendra.

Ya, Hendra berhasil meraih dua emas di SEA Games 2019 itu. Dia sekaligus pecah telur setelah pada dua edisi SEA Games sebelumnya hanya mendapat medali perak di nomor beregu putra. Sementara pada 2017 pulang dengan tangan kosong.

Bukan cuma penantian enam tahun terakhir hingga dia begitu bersuka cita campur terharu. Hendra sudah mendambakan emas itu sejak kecil, setelah 13 tahun berlatih di bawah terik matahari bersama pepanah cilik dulu.

"Emas ini sangat berarti karena dari kecil saya ingin bisa mengibarkan Merah Putih di negara lain. Alhamdullilah bisa terwujud, saya bangga bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di negara lain," katanya.

"Semoga ke depan bisa lagi dan bisa membanggakan keluarga dna rakyat Indonesia," dia mengharapkan.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Melihat Venue Panahan di SEA Games 2019"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com