detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 16 Des 2019 23:42 WIB

Kasus Berakhir, Shalfa Avrila Bisa Ikut Seleksi PON 2020

Mercy Raya - detikSport
Shalfa Avrila Siani. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Jakarta - Pesenam Shalfa Avrila Siani sudah berdamai dengan pelatih Jawa Timur. Gadis berusia 17 tahun itu bisa mengikuti seleksi daerah menuju PON 2020 Papua.

Nama Shalfa mencuat beberapa hari jelang SEA Games 2019 bergulir. Sempat muncul berita ia dicoret dari pelatnas sebelum berangkat ke Filipina karena isu sudah tidak perawan.

Setelah bermediasi, Shalfa dan pelatih-pelatih senam Jawa Timur berdamai pada Minggu (15/12/2019). Pihak pelatih meminta maaf kepada Shalfa.

Shalfa pun bisa melanjutkan kariernya sebagai pesenam lagi. Pelatih senam Jawa Timur, Zahari, mengaku Shalfa masih tercatat sebagai atlet di Puslatda Jatim dan bisa mengikuti seleksi PON 2020.


"Shalfa tetap ada di Puslatda. Dia bersama enam atlet lainnya yang lolos dan akan mengikuti seleksi daerah untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua. Sebab, hanya empat atlet terbaik saja yang akan diambil untuk ajang tersebut," kata Zahari.

Seleksi daerah akan dilakukan tiga bulan sebelum PON digelar, atau entry by name diputuskan daerah. PON sendiri berlangsung 20 Oktober sampai 2 November 2020.

"Yang jelas kami akan melihat prestasi masing-masing mereka. Nanti mereka berkompetisi sendiri, bersaing secara sehat, diambil empat terbaik. Siapa yang nilainya tertinggi itu yang dipilih. Kami fair lah dan tidak neko-neko," ujar dia.

Simak Video "Cerita Ibu Atlet Senam yang Dipulangkan Karena Isu Tak Perawan"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com