detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 10 Jan 2020 16:26 WIB

Ingin Gelar Olimpiade, Indonesia Diminta Benahi Banjir

Mercy Raya - detikSport
Jakarta harus bebas banjir jika ingin jadi tuan rumah Olimpiade 2032 (Dok)
Jakarta - Banjir di Jakarta membuat was-was Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Mereka khawatir kondisi ini bisa menggagalkan misi Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade.

Indonesia mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Demi menyukseskan pesta olahraga empat tahunan itu, KOI memiliki empat tugas.

Salah satunya menggenjot agar misi itu tercapai. Dalam arti, Indonesia harus bisa menjamin mampu menjadi tuan rumah yang aman dan nyaman buat tamunya.

Namun, bencana banjir yang mengawali tahun ini di Jakarta diprediksi mempersulit pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.




Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan antisipasi harus dilakukan agar tak terulang di kemudian hari, jika Indonesia memenangkan bidding tuan rumah Olimpiade.

"Pengalaman saya waktu SEA Games kemarin, Filipina lebih advance soal early warning system bencana ketimbang Indonesia. Kami semua sudah diberi peringkatan sekitar empat hari sebelum ada angin topan Kammuri," kata Oktohari dalam rilis yang diterima detikSport, Kamis (10/1/2020).

"Alarm di masing-masing ponsel sudah bunyi. Early warning system mereka ini terintegerasi langsung dengan provider. Harusnya kita juga punya yang seperti itu," dia menambahkan.




Sementara, BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) baru bekerja setelah ada kejadian di suatu daerah tertentu. Sedangkan, Indonesia butuh peringatan awal termasuk banjir yang melanda kota Jakarta ini disebut sebagai siklus 10 tahunan.

"Artinya 10 tahun ke depan kan kita sedang mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade. Bagaimana kita mau jadi tuan rumah kalau masih banjir?" ujar dia.

Meski begitu, bos Mahkota Promotion ini optimistis Indonesia bisa memenangkan bidding pada 2024.

"Kita harus tetap menggunakan persepsi positif tinggal bagaimana kita menyiapkan dengan matang dan memperbaikinya," demikian dia.




Ingin Gelar Olimpiade, Indonesia Diminta Benahi Banjir


Simak Video "Pandemi Tak Menentu, Olimpiade Jepang Terancam Tak Digelar Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com