detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 10 Jan 2020 18:17 WIB

CdM Jamin Anggaran Pelatnas Olimpiade 2020 Cair Tepat Waktu

Mercy Raya - detikSport
CdM Olimpiade 2020 Rosan Roeslani (Istimewa) CdM Olimpiade 2020 Rosan Roeslani (Istimewa)
Jakarta - Chief de Mission (CdM) Indonesia ke Olimpiade 2020 Tokyo, Rosan P. Roeslani, menjamin pelatnas tak akan terlambat mendapatkan dana dan peralatan. Dia akan jemput bola.

Olimpiade berlangsung di Tokyo mulai 24 Juli sampai 9 Agustus 2020. Indonesia mematok target untuk meloloskan 31 atlet ke pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

Saat ini sudah ada enam wakil dari lima cabor yang lolos ke Tokyo. Rinciannya, angkat besi terdiri dari Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah, panahan meloloskan wakil di nomor recurve perorangan putra dan putri, menembak meloloskan Vidya Rafika, dan Lalu Muhammad Zohri dari cabang atletik. Jumlah itu akan bertambah sampai akhir penutupan perhitungan poin Olimpiade pada April nanti.

Seiring itu, Rosan juga menggenjot persiapan anggaran yang kerap kali jadi momok di tengah jalan. Dia akan jemput bola ke pemerintah, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan cabor sebagai langkah antisipasi sebelum persoalan muncul.


"Kalau saya sih pokoknya Januari ini (nominal angka) anggaran (kontingen Indonesia di Olimpiade) dari kami sudah keluar (muncul) berapa yang dibutuhkan. Mungkin ada plus minus sedikit karena enggak bisa pasti juga dapatnya berapa. Sebab, April baru semua cabor melaporkan berapa atlet yang lolos," kata Rosan kepada pewarta di Senayan.

Rosan menyadari, selain menyiapkan anggaran kontingen Indonesia, pemerintah tiap tahunnya juga harus menyediakan anggaran untuk pelatnas cabor sebagai persiapan mengikuti multievent.

Untuk itu, dia menuntut pemerintah dan cabor disiplin dalam proses pengajuan proposalnya. Dalam arti, cabor sudah dari jauh-jauh hari mengajukan proposal anggaran 2020 sejak sekarang. Dengan catatan, pekerjaan rumah laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangannya tahun lalu juga sudah beres.

Sebaliknya kepada pemerintah ketika proposal masuk, verifikasi, dan segera cairkan dananya.

"Ya, cabor lain juga mesti fair. Mereka harus memasukkan proposal di awal-awal. Jangan mengajukannya telat, setelah itu teriak-teriak dana belum turun, enggak fair juga buat Kemenpora," dia mengimbau.



CdM Jamin Anggaran Pelatnas Olimpiade 2020 Cair Tepat Waktu


Simak Video "Robot Akan Dilibatkan di Olimpiade Tokyo, Ini Salah Satunya"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com