detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 12 Jan 2020 15:27 WIB

Palembang Triathlon 2020 Dihelat Bulan Depan

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Ilustrasi triathlon di Indonesia (Deni Wahyono/detikSport)
Tangerang Selatan -

Kejuaraan triathlon bakal dihelat di Palembang bulan depan. Bakal ada yang baru dalam perhelatan Palembang Triathlon nanti. Apa itu?

Palembang Triathlon masuk dalam rangkaian Indonesia Triathlon Series (ITS) yang dihelat sepanjang tahun ini. Dibuka di Palembang pada 22-23 Februari, Triathlon ini berlanjut di Jakarta (Juni), Bandung (Agustus), Mandalika (Oktober), Pariaman (November), dan Belitung (Desember).

Agar turnamen ini lebih menantang, bakal digunakan sistem poin sedari seri satu yang baru tahun ini diperkenalkan. Ada target 500 peserta untuk 2020, naik dari 400 peserta tahun lalu, karena Palembang Triathlon juga membuka untuk kelas pemula.

Di hari pertama bakal dihelat untuk kategori elite, army, dan youth. Untuk kategori publik dan komunitas, termasuk pemula akan dihelat di hari kedua.


Palembang Triathlon 2020 Dihelat Bulan DepanFoto: Resha Pratama/detikSport



"Semua peserta itu akan mengumpulkan poin-poin yang dari start ITS di Palembang sampai dengan selesai di Belitung. Jadi poin-poinnya itu nanti dikumpulkan semuanya untuk ke jenjang berikutnya. Itu yang menjadi pembedanya," papar Wakil Ketua Panitia Pelaksana, Liza Sako, dalam acara talkshow di Loops Coffee, Bintaro, Tangerang Selatan, Sabtu (11/1/2020).

"Insya Allah di tahun ini kita targetnya sampai dengan 500 peserta," sambungnya.


Palembang Triathlon 2020 akan mengambil tempat di Jakabaring Sport City. Berenang di Danau Jakabaring, bersepeda melintasi Jembatan Ampera dan berlari mengitari Jakabaring.

"Kita mencoba mensterilkan Jembatan Ampera, dimana memang Jembatan Ampera itu sendiri yang menarik yang buat orang-orang, fotonya menjadi epic, dan tidak gampang juga untuk mensterilkan jembatan tersebut. Itu yang menjadi sangat menarik," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi dan Kepelatihan Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP FTI), Akbar Nasution, menilai sistem poin ITS yang mulai diterapkan pada Palembang Triathlon adalah inovasi yang baik untuk pembinaan.


"Point system ini menghadirkan seleksi yang fair, sehingga sangat baik untuk pembinaan triatlet ke jenjang yang lebih tinggi," paparnya.

Akbar juga mengapresiasi Palembang Triathlon 2020 dan lima triathlon ITS selanjutnya yang mengakomodir para pemula. Menurutnya, hal ini bukan saja penting dalam memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk berpartisiasi dan terus menyosialisasikan olahraga ini, tapi mencari bibit atlet triathlon potensial.

"Tetapi juga membantu kita untuk mencari bibit-bibit triatlet ke depannya," demikian Akbar.





Simak Video "Ibrahimovic Masih Santuy, Belum Pikirkan Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com