detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 23 Jan 2020 21:09 WIB

Stadion Kaltapal Hampir Rampung, Gunakan Rumput Kelas Internasional

Adhi Prasetya - detikSport
Stadion Kaltapal dipastikan siap untuk sepakbola putri PON 2020 (Infografis detikSport)
Merauke -

Stadion Kaltapal menjadi salah satu venue sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Persiapannya sudah 75 persen selesai.

Kaltapal hanya berjarak sekitar 7 km dari Bandara Mopah, Merauke. Stadion tersebut akan menjadi venue sepakbola putri.

Saat venue itu dikunjungi oleh detikSport, Kamis (23/1/2020), belum ada rumput yang tertanam di lapangan sepakbola. Gawang pun belum terpasang. Hanya tanah gembur yang tampak. Lintasan atletik yang akan mengelilingi lapangan sudah terlihat jalurnya, namun belum ditata rapi.



Sedangkan untuk tribun penonton hanya ada di satu sisi lapangan, mirip dengan kandang Bhayangkara FC, yakni Stadion PTIK. Meski begitu, pengerjaan tribun sudah hampir selesai, meski di salah satu sisi atap masih ada yang bolong.

Stadion Kaltapal Hampir Rampung, Gunakan Rumput Kelas InternasionalFoto: Infografis detikSport



"Di Kabupaten Merauke, pembangunan stadion kurang lebih sampai hari ini sudah mencapai 75 persen," ujar Bupati Merauke, Frederikus Gebze, di sela peninjauan stadion, Kamis (23/1).

"Mudah-mudahan jika Tuhan mengizinkan, semua aman, tentram, lancar (hingga selesai). Ini tinggal rumputnya aja," sambungnya.

Menko PMK, Muhadjir Effendy, menjanjikan rumput bertaraf internasional untuk stadion ini. Selain itu, ia memperkirakan stadion ini dapat menampung hingga 10 ribu penonton.

"Nanti rumputnya akan kami carikan yang standar internasional. Sudah saya cek sistem drainasenya, seberapa cepat resapan airnya kalau hujan saya rasa sudah bagus," ujar Muhadjir di lokasi yang sama.

"Ini saya kira lebih dari 10 ribu daya tampungnya," katanya menambahkan.



Simak Video "Rapim TNI-Polri, Bahas Pengamanan Pilkada Hingga PON 2020 "
[Gambas:Video 20detik]
(adp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com