Tiket Olimpiade Sudah, Petembak Vidya Rafika Akan Jalani Uji Coba

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 29 Feb 2020 22:10 WIB
Atlet Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba mengikuti pelatnas menembak SEA Games 2019 di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Timnas menembak menargetkan tiga emas pada SEA Games 2019 Filipina. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz
Vidya Rafika lolos ke Olimpiade 2020 (Foto: Sigid Kurniawan / Antara Foto)
Jakarta -

Petembak putri Vidya Rafika dijadwalkan menjalani sejumlah uji coba menuju Olimpiade 2020. Sedikitnya tiga kejuaraan akan dia ikuti.

Vidya Rafika mengantongi tiket Olimpiade di nomor 10 m Rifle Women saat tampil di Asian Shooting Championship 2019 di Doha, Qatar, pada November 2019.

Agar tampil maksimal pada multiajang olahraga empat tahunan itu, Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) menyiapkan sejumah program khusus untuk atlet berusia 18 tahun itu. Salah satunya dengan menjalani uji coba maksimal tiga kali.


Kejuaraan tersebut antara lain ISSF World Cup Rifle/Pistol/Shotgun di New Delhi, India, pada 15-26 Maret 2020, ISSF World Cup Rifle/Pistol di Munich, Jerman, pada 2-9 Juni, dan ISSF World Cup Rifle/Pistol/Shotgun di Baku, Azerbaijan. Kemudian ada pula test event Olimpiade Rifle/Pistol/Shotgun di Tokyo, Jepang, 16-26 April.

"Kemarin harusnya kami uji coba di China, tapi kami geser ke India. Di sana kebetulan banyak juara air pistol," kata Ketua Umum PB Perbakin Joni Supriyanto kepada pewarta di kawasan Senayan.

Meski begitu, Joni tak ingin berspekulasi soal target untuk Vidya di Olimpiade.

"Aduh, medali itu kita berdoa ya," ujarnya.

"Pembinaan olahraga itu panjang jadi yang kami fokuskan adalah konsistensi. India saja butuh dilatih 9 tahun untuk bisa dapat olimpiade. Itu lama sekali makanya kita harus cari percepatan-percepatan untuk itu semua," dia menjelaskan.

"Intinya menembak dan olahraga itu latihan terbaik adalah bertanding. Semakin banyak bertanding maka atlet ini akan semakin baik dan mudah kami evaluasi."



Simak Video "Siap Gelar Olimpiade, PM Jepang: Bukti Manusia Kalahkan Pandemi!"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/nds)