detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 09 Mar 2020 23:21 WIB

PGI DKI Jakarta Jajaki Kerja Sama dengan Persija

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
PGI DKI Jakarta Pengurus baru PGI DKI Jakarta bersama Gubernur Anies Baswedan. (Foto: dok PGI DKI Jakarta)
Jakarta -

Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta langsung bergerak usai melantik kepengurusan baru. Salah satunya dengan menjajaki kerja sama dengan Persija Jakarta.

PGI DKI Jakarta baru saja melantik kepengurusan baru di bawah pimpinan M Reza Ihsan Rajasa, yang terpilih sebagai ketua umum 2020-2024 pada 19 Januari lalu. Pelantikan pengurus baru bertempat di Balai Agung Jakarta, Senin (9/3/2020).

"Tugas saya sekarang adalah membuktikan apa yang telah saya janjikan," ucap Reza.

Salah satu misi besar Reza adalah mengubah stereotip bahwa golf merupakan olahraga orang tua dan kaum menengah ke atas. Prestasi dan membangun komunikasi yang bagus dengan kaum milenial dan akar rumput disadari jadi aspek penting untuk menciptakan citra golf yang inklusif.

Reza pun sudah membuka komunikasi dengan klub-klub lain di Jakarta, seperti Persija Jakarta dan Amartha Hangtuah. Kerja sama antar klub ini diharapkan memperkuat ekosistem olahraga di Jakarta dan secara khusus bikin golf lebih akrab dengan masyarakat.

"Lompatan ini perlu dilakukan agar olah raga Golf tidak lagi lekat dengan stereotipe ekslusif," kata Reza.

"Saya sudah berkomunikasi dengan manajemen Persija dan Hang Tuah, dan Alhamdulilah, manajemen Persija, klub ikon Ibu Kota, dengan senang hati menyambut niat PGI Jaya. Juga Hang Tuah yang memberikan respon positif. Ini model baru, dan ke depan memang eranya kolaborasi di segala bidang," ulas Reza.

Target lainnya PGI DKI Jakarta adalah PON 2020 Papua. PON menjadi langkah awal untuk misi memunculkan dan memupuk atlet-atlet menuju Olimpiade 2032, di mana Indonesia menjadi salah satu calon tuan rumah.

"Bahkan ambisi saya, tahun ini kita harus bisa mengulang prestasi Kontingen golf DKI Jakarta di PON Riau 2012, DKI Jakarta menyapu bersih 7 medali emas di cabang Golf," ujar Reza bersemangat.

"Ketua NOC Indonesia (Raja Sapta) Oktohari pernah menantang saya untuk menyiapkan atlet berprestasi guna menyambut Olimpiade di Indonesia. Saya jawab siap dan bisa. Tak ada yang tak mungkin, sebab everything started with a dream," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan dukungan terhadap rencana-rencana PGI DKI Jakarta. Jakarta sebagai ibukota, diharapkan bisa menjadi destinasi sport tourism ke depannya.

"Jakarta sebagai ibukota, banyak memiliki potensi besar, karena itu pengurus DKI punya irisan dengan pengurus pusat karena di DKI ini juga tempat urusannya pengurus pusat," ungkap Anies.

"Saya berharap golf bukan hanya menyentuh segment tertentu tetapi juga berpihak pada semua kalangan, mereka yang berprestasi yang harusnya mendapat kesempatan. Lapangan golf kita sekarang global, tanggung jawab kita bukan cuma jadi tuan rumah, tetapi bisa jadi tuan rumah berprestasi lebih dari negara yang datang. Dan atlet-atlet kita juga bisa berprestasi gemilang saat menjadi tamu di negeri orang," imbuhnya.



Simak Video "Bermain Tanpa Penonton, Persija Vs Bhayangkara Imbang 2-2"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com