detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 19 Mar 2020 15:30 WIB

Pandemi Virus Corona, GBK Tetap Buka untuk Umum?

Mercy Raya - detikSport
GBK Senayan Foto: (Ria Rahmawati/d'Traveler)
Jakarta -

Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK) tak menerapkan aturan khusus untuk pengguna kawasan. Masyarakat bisa berolahraga di area ring road.

Virus corona terus meningkat seiring bertambahnya masyarakat yang terinfeksi. Di Indonesia saat ini ada 227 orang yang positif penyakit Covid-19 itu. Dari jumlah itu paling banyak di kawasan Jakarta.

DKI Jakarta sudah mengeluarkan surat edaran untuk menutup tempat-tempat hiburan dan rekreasi keluarga. Tapi hal itu tak berlaku untuk kawasan GBK, Senayan.



Direktur PPK GBK, Winarto, menjelaskan pihaknya bukan berarti abai soal penyebaran virus corona. Tapi mereka mencoba mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan masyarakat yakni ruang terbuka berolahraga.

"Kami sebenarnya sempat ada pikiran untuk menutup kawasan GBK karena tempat rekreasi sudah ditutup, tempat hiburan ditutup. Nah, kalau semua area di Jakarta tutup sedangkan orang butuh olahraga, butuh gerak, tentu di tempat yang lapang (makanya diputuskan tetap buka)," kata Winarto kepada detikSport, dalam sambungan telepon, Kamis (19/3/2020).

Lagipula, kata Winarto, kawasan GBK umumnya outdoor. Sekalipun ada ruangan tertutup sudah pasti tidak mendapatkan izin untuk digelar acara, baik itu sifatnya turnamen ataupun event lainnya.

"Festival Akuatik Indonesia salah satunya. Sementara untuk tempat yang di luar dan luas, saya kira GBK itu relatif aman, udaranya juga. Makanya, kasihan kalau kami tutup semua tak ada tempat masyarakat untuk refreshing," pungkasnya.



Simak Video "Kembali Dibuka, GBK Mulai Dipadati Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com