detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 20 Mar 2020 18:34 WIB

Olimpiade Sesuai Jadwal, Pelatih Zohri: Asal Jangan Korbankan Atlet

Mercy Raya - detikSport
Pelatih Atletik Eni Nuraini Eni Nuraeni, pelatih atletik, tak keberatan olimpiade 2020 sesuai jadwl asal jangan mengorbankan atlet. (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

Pelatih nasional atletik, Eni Nuraini, tak masalah jika Olimpiade 2020 digelar sesuai jadwal di tengah pandemi virus Corona. Ia cuma minta agar jangan ambil risiko sehingga atlet jadi korban.

Sebelumnya Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach sudah mengatakan Olimpiade Tokyo 2020 akan dilaksanakan sesuai jadwal, 24 Juli sampai 9 Agustus. Dia mengatakannya sekalipun Covid-19 dari virus Corona masih mewabah.

Terkait hal itu Eni Nuraini, yang di antaranya menangani Lalu Muhammad Zohri, mengatakan pihaknya menghormati apa yang keputusan IOC. Dia pun menyerahkan keputusan pengiriman atlet kepada otoritas Indonesia, dalam hal ini Kemenpora.

"Ya, kami kalau memang tetap dilaksanakan dan kondisinya sudah bagus, tak masalah," kata Eni kepada detikSport, Jumat (20/3/2020), dalam sambungan telepon.

"Kalau tidak, tinggal menunggu arahan Kemenpora. Apakah mau tetap mengirim atau tidak? Tapi jangan mengambil risiko dengan mengorbankan atlet," ujarnya.

Saat ini atletik sudah mengamankan satu tiket ke Olimpiade melalui Lalu Muhammad Zohri di nomor perlombaan lari 100 meter putra. Manusia tercepat se-Asia Tenggara itu kini tengah menjalani latihan desentralisasi di daerah demi mengantisipasi virus corona.

Sedangkan, sejumlah agenda uji coba yang rencananya dijalani Zohri sudah batal, seiring dengan keputusan Asosiasi Internasional Federasi Atletik.

"Ya, kami tetap latihan dengan tujuannya ke sana (Olimpiade). Tiap akhir bulan juga akan ada tes," ujar pelatih yang dinobatkan sebagai pelatih terbaik se-Asia 2019 ini.

"Yang jelas mereka (atlet) dikembalikan dulu. Sambil lihat situasi dua pekan ini. Jika kondisi di Jakarta sudah membaik akan dikembalikan ke pusat, jika belum bisa diperpanjang. Tergantung keputusan pemerintah juga," kata Eni.



Simak Video "Geger Corona, Bagaimana Nasib Kontingen RI Untuk Olimpiade Tokyo? "
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com