detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 21 Mar 2020 16:48 WIB

Olimpiade Lanjut atau Mundur, Angkat Besi Indonesia Tetap Siap

Mercy Raya - detikSport
Jepang menyambut Olimpiade 2020 Olimpiade Lanjut atau Mundur, Angkat Besi Indonesia Tetap Siap. (Foto: detikSport/Doni Wahyudi)
Jakarta -

Nasib pelaksanaan Olimpiade 2020 masih dispekulasikan seiring pandemi virus Corona. Apapun yang terjadi, PB PABSI menegaskan kesiapan atletnya.

Hal itu disampaikan manajer tim angkat besi Indonesia, Alamsyah Wijaya. Pertimbagannya, saat ini ia menilai Eko Yuli dkk sudah amat siap untuk tampil.

"Lebih baik on schedule karena kami sudah siap. Intinya tim Olimpiade kami tak terlalu terganggu. Mudah-mudahan ya, bukannya takabur. Jadi jangan ditunda. Sayang soalnya," kata Alamsyah kepada detikSport, Sabtu (21/3/2020).

"Tapi soal keputusannya apa akan kami lihat, tunggu International Olympic Committee (IOC). Mau jadi ayo, kalau mundur, ya sudah," sambungnya.

Alamsyah juga menunggu keputusan IOC yang mempertimbangkan kualifikasi Olimpiade diperpanjang sampai Juli atau menjelang Olimpiade 24 Juli sampai 9 Agustus.

Keputusan diambil setelah dua event sebelumnya, yang menjadi kualifikasi terakhir pengumpulan Olimpiade, ditunda penyelenggaraannya. Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior di Rumania, 14-21 Maret, resmi dibatalkan. Sementara, Kejuaraan Asia Angkat Besi di Uzbekistan, 16-25 April ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

"Tapi menurut saya tak mungkin (diperpanjang) karena mepet. Anggap sampai Juli, berarti persiapannya satu bulan. Terlalu mepet untuk atlet. Kalau saya berharap kualifikasi setop saja. Hitung siapa yang lolos, itu yang main di Olimpiade," ujarnya.

PABSI sementara ini telah meloloskan dua wakilnya yaitu Eko Yuli Irawan (61 kg putra) di posisi dua ranking dunia dan Windy Cantika Aisah (49 kg putri) di posisi tujuh. Merah Putih berpeluang meloloskan satu wakil lagi lewat jalur kontinental jika kualifikasi benar-benar dihentikan.

"Makanya, kami tunggu pengumuman resmi. Itu kan hasil kongres IWF 16-17 Maret kemarin melalui teleconference. Nah, hasil itu dikirimkan ke IOC dan belum ditentukan sampai sekarang (apakah disetop atau perpanjang), jadi menunggu itu," katanya.



Simak Video "Kevin/Marcus Lolos ke Olimpiade 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com