detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 31 Mar 2020 20:50 WIB

Bikin Video 'Tutorial KDRT', Lisensi Petinju Ini Dibekukan

Adhi Prasetya - detikSport
FILE - In this Dec. 16, 2017, file photo, Billy Joe Saunders, of Britain, celebrates his win over David Lemieux, of Canada, to retain the WBO middleweight boxing title in Laval, Quebec. Saunders had his boxing license suspended Monday, March 30, 2020, after publishing a social media video in which he appeared to condone domestic violence amid the coronavirus outbreak. He has apologized for his remarks, saying: “It was a silly mistake but I didnt mean to cause any harm to anyone and I certainly wouldnt promote domestic violence.”(Ryan Remiorz/The Canadian Press via AP) Lisensi tinju Saunders dibekukan karena video kontroversialnya. Foto: AP/Ryan Remiorz
Jakarta -

Billy Joe Saunders betul-betul ketiban sial. Petinju asal Inggris itu ditahan lisensi bertandingnya karena videonya yang merendahkan perempuan.

Saunders, yang merupakan juara dunia kelas menengah super versi WBO, merilis video latihan yang kontroversial di media sosial pada Sabtu (28/3/2020) lalu. Ia malah memberi tips bagaimana meninju dagu wanita jika berkata kasar kepada pasangannya.


Meski cuma bercanda, kelakuannya jelas mendapat banyak kritikan. Di hari yang sama, ia pun meminta maaf.

"Saya tak akan pernah membenarkan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), jika saya melihat seorang laki-laki melakukannya pada pasangannya, saya pasti akan hajar dia habis-habisan," tulis Saunders dalam Twitter-nya.

"Mohon maaf jika ada perempuan manapun yang tersinggung dengan ucapan saya. Semoga kalian semua selalu diberkati," lanjut teman Tyson Fury itu.

Meski sudah meminta maaf, apa yang diperbuat Saunders sudah bikin gerah publik. Di tengah pandemi virus corona yang terjadi di Inggris, warga diminta tinggal di rumah.

Video yang dibuat petinju 30 tahun itu dikhawatirkan akan memicu meningkatnya KDRT selama masa karantina.

Oleh sebab itu, langkah tegas pun diambil Dewan Pengawas Tinju Inggris (BBBC). Mereka membekukan lisensi Saunders untuk sementara waktu.

"Setelah mempertimbangkan komentar yang dibuat oleh Billy Joe Saunders di media sosial, kami telah menangguhkan lisensi tinjunya, sambil menunggu sidang pelanggaran aturan. Waktu dan tempat akan segera diumumkan secepat mungkin," tulis pernyataan BBBC, dikutip The Guardian.

Eddie Hearn, promotor tinju ternama, juga geleng-geleng kepala dengan kelakuan petinjunya itu.

"Jika hal itu dilakukan oleh orang di pinggir jalan, jelas tak dapat diterima. Apalagi jika dilakukan seorang juara dunia tinju!" keluh Hearn.

Saunders menyebut ia akan melakukan donasi kepada badan amal yang fokus dalam hal KDRT, sebagai penebus kesalahannya.



Simak Video "Giliran Holyfield Mau Comeback, Kembali Tantang Tyson?"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com