detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 25 Apr 2020 23:34 WIB

Menpora: Tetap Olahraga Dong, Ada Hadiahnya Lo

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Menpora Zainudin Amali menghadiri rapat kerja dengan Komite III DPD RI di Jakarta, Selasa (21/1). Raker tersebut membahas program kerja Kemenpora. Menpora Zainudin Amali mengajak masyarakat berolahraga di tengah pandemi virus corona (Lamhot Aritonang/detikSport)
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, tetap meminta masyarakat berolahraga di tengah pandemi COVID-19. Bahkan ada hadiahnya, lo.

Pandemi virus corona saat ini membuat banyak kegiatan olahraga di dunia terhenti. Tak terkecuali di Indonesia ketika beberapa event tertunda termasuk persiapan menuju Olimpiade 2020.

Selain itu masyarakat biasa pun tidak bisa berolahraga bebas di luar rumah seperti biasanya. Meski demikian, daya tahan tubuh tetap harus dijaga demi terhindar dari virus corona atau penyakit lain.

Maka dari itu, Menpora Zainudin Amali serta jajarannya di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meluncurkan program senam Stay At Home (SAH). Program ini dianggap paling mudah dilakukan di rumah dan dengan peralatan minim.

"Ya ini idenya dari saat ada anjuran untuk bekerja dari rumah, belajar dair rumah, beribadah juga di rumah, apalagi kalau wilayah itu sudah diberlakukan PSBB, maka hampir seluruh waktunya di di rumah, Kami dari Kemenpora mencoba untuk membuat contoh kecil tentang senam dari rumah," ujar Amali dalam rilis kepada detikSport.

Senam SAH ini, terdiri dari tiga bagian, yakni pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Program ini digagas oleh Kemenpora melalui Deputi Pembudayaan Olahraga, yang memang bertugas untuk terus membangkitkan dan meningkatkan minat olahraga masyarakat.



"Dengan demikian, kita bisa tetap berolahraga untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh. Selain itu, bagi masyarakat yang ingin mengisi waktu luangnya dengan sedikit berkreasi, maka kami adakan lomba kreasi senam seperti contoh yang ada itu. Kalau ada yang berminat, selamat mencoba dan mengikuti lomba senam dari rumah," sambungnya.

Sementara itu, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, memaparkan rencana senam kreasi seperti itu memang sudah tepat. Nantinya, penilaian senam SAH ini hanya meliputi gerakan inti.

"Nantinya yang dinilai hanya senam dengan durasi gerakan kurang dari dua menit. Gerakan senam SAH yang untuk lomba ini dapat dilakukan sendiri atau kategori Individu, juga bersama keluarga inti, maksimal tiga orang," paparnya.

Senam #SahChallenge garapan KemenporaSenam #SahChallenge garapan Kemenpora Foto: Istimewa



Senam SAH sendiri rencananya akan akan mulai dilombakan pada 1 Mei 2020 mendatang. Untuk periode pertama adalah Lomba Senam Individu di Instagram (pengumuman pemenang pada 14 Mei), dilanjutkan periode kedua adalah Lomba Senam Individu di Facebook (pengumuman pemenang pada 11 Juni), dan periode ketiga adalah Lomba Senam Individu di Youtube (pengumuman pemenang pada 25 Juni).

Berikutnya dilanjutkan dengan periode keempat yaitu Lomba Senam Keluarga di Instagram (pengumuman pemenang pada 9 Juli), periode kelima yaitu Lomba Senam Keluarga di Facebook (pengumuman pemenang pada 23 Juli), dan ditutup dengan periode keenam yaitu Lomba Senam Keluarga di Youtube (pengumuman pemenang pada 6 Agustus).

"Untuk masing-masing periode tersebut akan dipilih sepuluh orang pemenang oleh dewan juri. Tak hanya itu, panitia juga akan memilih 40 orang pemenang tambahan pada grand final yang akan diumumkan 17 Agustus 2020," papar Isnanta.



Panitia juga telah menyiapkan hadiah menarik bagi pemenang, yaitu uang tunai senilai Rp 750 ribu untuk individu/keluarga pada setiap periode serta uang tunai senilai Rp 1,375 juta untuk pemenang tambahan pada grand final.

Untuk lebih jelasnya terkait lomba, masyarakat bisa mengakses situs Kemenpora.go.id. Di sana, bisa diunduh lagu Ayo Olahraga yang digunakan untuk senam ini. Selain itu bisa mengunjungi Youtube Kemenpora dan Menoreh TV.



Simak Video "Indonesia Bidik Wisata Olahraga Sebagai Sumber Devisa Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com