detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 29 Apr 2020 01:19 WIB

Olimpiade Tokyo di 2021 Mungkin Saja Batal Digelar

Okdwitya Karina Sari - detikSport
A man wearing a face mask walks past logos of the Tokyo 2020 Olympics along a promenade in Tokyo in April 7, 2020. - Japans Prime Minister Shinzo Abe on April 7 declared a month-long state of emergency in Tokyo and six other parts of the country over a spike in coronavirus cases. (Photo by Philip FONG / AFP) Olimpiade Tokyo di 2021 bisa dibatalkan seandainya virus corona masih mewabah. (Foto: AFP/PHILIP FONG)
Tokyo -

Tidak bisa dipastikan kapan pandemi virus corona di dunia akan selesai. Andai wabah masih berlangsung sampai 2021, maka Olimpiade Tokyo bisa batal digelar.

Kejuaraan dunia multicabang itu seharusnya digelar pada musim panas ini. Namun, karena krisis virus corona Olimpiade mesti diundur setahun dengan jadwal baru yang dimulai dari 23 Juli tahun depan.

Sementara itu para pakar kesehatan meragukan Olimpiade Tokyo bisa diselenggarakan pada 2021 apabila vaksin atau obat yang efektif bisa menyembuhkan COVID-19 belum ditemukan. Presiden Olimpiade Tokyo Yoshiro Mori, menegaskan, kejuaraan tidak mungkin lagi mundur sehingga akan dibatalkan.

"Tidak. Kejuaraan akan dihentikan," jawab Mori kepada Nikkan Sport saat ditanya apakah mungkin Olimpiade Tokyo ditunda lagi.

"Olimpiade pernah batal digelar di masa lalu karena masalah-masalah seperti perang. Sedangkan kita sekarang sedang bertarung melawan musuh yang tidak terlihat."

Namun demikian, Mori tetap optimistis Olimpiade Tokyo bisa dilangsungkan di 2021. "Olimpiade ini akan lebih bernilai ketimbang Olimpiade-Olimpiade sebelumnya apabila kita bisa lolos setelah memenangi peperangan ini."

"Kita harus mempercayainya, kalau tidak kerja keras dan usaha kami tidak akan dihargai," Mori menambahkan diwartakan CNN.



Simak Video "Kevin/Marcus Lolos ke Olimpiade 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com