detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 18 Jun 2020 15:34 WIB

Ada Aturan Baru, Ring Road GBK Dibatasi 1.000 Orang

Mercy Raya - detikSport
PPK GBK SUGBK dibatasi hanya 1.000 pengunjung di ring road (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

Pengelola Gelora Bung Karno (PPP GBK) membuat aturan baru di masa transisi PSBB. Sistem buka tutup diberlakukan di ring road GBK dengan batas 1.000 orang.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PPP GBK, Winarto, dalam jumpa pers dengan tema Sosialisasi Pembaharuan Tata Tertib dan Protokol Kesehata pada masa PSBB transisi di kawasan GBK, Kamis (18/6/2020).

Menurut Winarto, perubahan ini dilakukan menyusul evaluasi kepadatan pengunjung di area ring road pada 12 dan 13 Juni, khususnya di ring road SUGBK sehingga sulit menerapkan physical distancing.

"Sabtu dan Minggu lalu itu di area ring road SUGBK sangat padat, ada peningkatan pengunjung dari awal dibuka GBK di masa transisi PSBB," kata Winarto.

"Bukan cuma lari. Sebanyak 60 persen pengunjung yang datang itu karena piknik. Mereka bawa keluarganya, ada yang bawa bayinya. Itu bahaya di situasi seperti ini. Jadi cuma 40 persen orang yang datang untuk berolahraga," sambungnya.



Winarto mengatakan, jika hal ini terus berlanjut bukan tak mungkin risiko penularan bakal semakin besar. Apalagi rata-rata pengunjung berkerumun dan melepas masker. Untuk itu, ia pun mengeluarkan aturan baru.

Aturan itu adalah pembatasan pengunjung di ring road sampai 1.000 orang. Sedangkan jam operasional area GBK setiap Sabtu Minggu dimulai pukul 05.00 - 12.00, kemudian lanjut lagi dibuka pada sore hari pukul jam 15.30 - 16.30 dan 18.00 - 19.00.

"Kami akan tutup pukul 20.00 WIB, dari semula 22.00 WIB. Sebelum itu, setiap pengunjung yang masuk area GBK tetap ada pengecekan suhu, cuci tangan. Tapi nantinya khusus yang masuk area ring road SUGBK akan dibatasi hanya 1.000 orang perjam," paparnya.

"Setiap satu jam sekali nanti ada petugas dari kami menggiring para pengunjung keluar, setelah itu yang sudah mengantre giliran masuk."



Aturan lainnya, area SUGBK kali ini khusus untuk yang berolahraga lari atau pejalan kaki. Sedangkan pengunjung yang membawa peralatan seperti sepeda, skateboard, segway, scooter dan stroller tidak diperkenankan masuk ke area ring road.

Anak-anak usia di bawah 12 tahun dan ibu hamil pun tak diperbolehkan masuk ke area ring road. Rencananya, aturan baru ini akan mulai diberlakukan pada Sabtu (20/6/2020) dan Minggu (21/6/2020).

mobil


Simak Video "Antrean Mengular, Ini Alasan Pengunjung Tetap Olahraga di GBK"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com