detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 17 Jul 2020 10:09 WIB

Gowes Makin Booming, Ini Dia Segudang Manfaat Bersepeda

Inkana Putri - detikSport
Bersepeda jadi kegiatan yang ramai dilakukan masyarakat di masa new normal. Jalur sepeda pun disediakan guna menjaga keamanan dan keselamatan saat bersepeda. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

New Normal tampaknya membuat tren gowes semakin melonjak. Banyaknya masyarakat yang ingin hidup sehat, namun tetap aman saat berolahraga menjadi salah satu pemicu bersepeda menjadi pilihan. Termasuk dalam olahraga yang paling diminati, bersepeda tentu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, bersepeda juga disebut dapat menurunkan kolesterol.

Melansir Everyday Health, terdapat 6 jenis olahraga yang dapat menurunkan kolesterol, yakni lari, jalan sehat, bersepeda, renang, angkat beban, dan aktivitas fisik sehari-hari. Bersepeda termasuk ke dalam aktivitas fisik yang dapat menurunkan kadar kolesterol karena membakar lemak untuk diubah menjadi energi. Hal yang sama juga disampaikan oleh Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr. Adeline Devita.

"Bersepeda rutin dapat meningkatkan peredaran darah, mengatasi nyeri sendi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam jumlah yang cukup signifikan," ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Selain memiliki segudang manfaat, penelitian juga menunjukkan bersepeda merupakan olahraga yang aman dan efektif untuk membakar kalori dan menurunkan kolesterol jahat. Bahkan, bersepeda juga dapat menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari sebagai pengganti transportasi umum selama New Normal.

Agar manfaat dari bersepeda dapat dirasakan, disarankan untuk melakukan olahraga bersepeda setidaknya 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Mulailah perlahan-lahan dengan bersepeda di medan datar atau dengan tingkat kemiringan yang rendah. Selanjutnya, Anda bisa tingkatkan lagi dengan bersepeda selama 45-60 menit setiap hari.

"Yang harus dilakukan agar efek penurunan kolesterol itu dirasakan optimal adalah melakukan olahraga secara rutin yaitu 4 hingga 5 kali dalam seminggu, dimulai dengan 2 hingga 3 kali per minggu, lalu meningkat secara bertahap," jelas dr. Adeline.

Bersepeda memang memberi banyak manfaat bagi kesehatan, namun ternyata hal tersebut tidak cukup untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Anda juga perlu mengatur nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan menghindari makanan berlemak dan mengonsumsi makanan sehat. Menurut dr. Adeline, kolesterol dalam tubuh dapat berkurang jika pola makan sehari-hari tetap terjaga dan tetap rutin berolahraga.

"Perbaikan profil lemak darah memerlukan waktu beberapa minggu bahkan beberapa bulan tergantung dari level kolesterol tubuh masing-masing, juga dipengaruhi oleh konsumsi makanan harian. Olahraganya harus rutin minimal selama 12 minggu," paparnya.

Agar lemak dalam tubuh tetap terkontrol, Anda bisa mengkonsumsi Nutrive Benecol sebanyak dua botol setiap harinya setelah makan. Kandungan Plant Stanol Ester (PSE) telah teruji mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Guna mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat mengkonsumsi Nutrive Benecol dua kali sehari segera setelah makan untuk meminimalisir absorpsi kolesterol dari makanan yang sudah dikonsumsi. Selain itu, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi makanan gorengan, bersantan dan berlemak tinggi.

(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com