detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 04 Agu 2020 23:00 WIB

Cari Bakat Muda, Kemenpora Gelar Piala Menpora Esport 2020

Mercy Raya - detikSport
Gatot S Dewa Broto Piala Menpora eSport 2020 untuk menjaring bakat muda. (Foto: dok.internet)
Jakarta -

Kemenpora bekerja sama dengan Indonesia Esport Premier League (IESPL) menggulirkan Piala Menpora eSport 2020. Ajang itu dimulai 17 Agustus.

Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan Piala Menpora Esport 2020 merupakan implementasi dari dukungan pemerintah terhadap kemajuan olahraga eSport di Indonesia di tengah pandemi COVID-19.

Seperti diketahui, wabah virus corona telah melumpuhkan hampir seluruh aktivitas olahraga. Namun, eSport merupakan salah satu cabor yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun, terutama saat wabah. Pasalnya, penerapannya tak perlu dilakukan dalam satu ruangan dan jumlah yang banyak. Setiap peserta bisa tetap berkompetisi di manapun mereka berada.

"Kondisi pandemi membuat industri olahraga, baik di Indonesia maupun negara lain, mengalami kevakuman aktivitas. Namun, justru ini berbanding terbalik dengan eSport yang semakin menggeliat. Antusiasnya juga tetap tinggi meskipun dengan atau tanpa penonton. Hal ini yang membuat kami mendukung sepenuhnya kompetisi ini," kata Gatot.

Apalagi geliat eSport, kata Gatot, sudah ditunjukkan sejak Asian Games 2018 Jakarta, saat olahraga tersebut menjadi salah satu eksibisi. Akan tetapi, atlet Indonesia mampu berbicara di level Asia.

"Pesan dari kegiatan ini sangat jelas yaitu pemerintah akan selalu mendukung olahraga yang memiliki talenta dan kelak mengharumkan nama bangsa," ujarnya.

Hal senada diungkapkan, Ketua Panitia Penyelenggara Piala Menpora, Giring Ganesha, dalam jumpa pers Selasa (4/8/2020), melalui aplikasi Zoom. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Menurut Giring, tujuan digelarnya turnamen ini adalah untuk melahirkan talenta-talenta muda. Makanya, target peserta yang disasar lebih ke pelajar dan mahasiswa.

"Target saya ada 10 ribu atlet yang tergabung dalam 2.048 tim eSport dari sekolah dan universitas dari seluruh Indonesia. Dan sejak dibuka 1 Agustus lalu, tapi sudah 60 persen mendaftar, ini antusiasnya sungguh luar biasa," kata Giring.

Adapun Piala Menpora eSport 2020 mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game besutan Moonton yang mengusung genre MOBA. Di game ini, para pemain akan bertanding 5 vs 5 dalam gelaran ini.

"Bayangan kami dengan adanya eSport ini ada sebuah kompetisi yang membawa nama besar daerah dan almamater mana. Itu yang ingin kami push, selain adanya talenta atau bakat-bakat muda yang muncul," ujarnya.



Simak Video "Dicibir Netizen soal Nyapres 2024, Giring Ganesha: Kita Ikhlas Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com