detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 10 Sep 2020 09:35 WIB

Musi Banyuasin Luncurkan 3 Cabor Baru, Optimistis Prestasi Meningkat

Raja Adil Siregar - detikSport
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin meresmikan tiga olahraga baru di daerahnya. Pemkab yakin atlet-atletnya akan berprestasi. Ini dilakukan saat perayaan Haornas 9 September 2020 Pemkab Musi Banyuasin luncurkan tiga cabor baru (dok.Pemkab Musi Banyuasin)
Musi Banyuasin -

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin meresmikan tiga olahraga baru di daerahnya. Pemkab yakin atlet-atletnya akan berprestasi.

Hal ini dikatakan Bupati Musi Banyuasin, Dodi Rez Alex, dalam peringatan acara Hari Olahraga Nasional (Haornas), Rabu (9/9/2020). Ketiga cabor itu adalah balap motor, angkat besi, dan e-sport.

Setelah ditambahnya tiga cabor di PPLP-D Musi Banyuasin, Dodi optimistis prestasi dari pelajar bisa semakin baik. Sehingga atlet-atlet muda bisa berprestasi di itingkat nasional dan internasional.

"Bertepatan Hari Olahraga Nasional atau Haornas tahun 2020, secara resmi Pusat Pengembangan Latihan Pelajar Daerah di Musi Banyuasin meluncurka penambahan tiga cabang olahraga. Tiga cabor itu adalah Balap Motor, Angkat Besi dan E-sport," ujar Dodi kepada wartawan.

"Ini mencetak atlet yang berprestasi bukan hanya di level Sumsel dan nasional namun juga di level internasional. Apalagi kan kita punya sirkuit berstandar internasional di Skyland, tentu cabor balap motor PPLP-D Muba harus terus optimistis meraih prestasi," sambungnya.

Setelah meluncurkan tiga cabor baru, maka ada total 19 cabor di daerahnya. Sementara potensi cabor e-sport bisa menjadi olahraga andalan akan terus digali.

"e-sport ini cabor baru yang telah disahkan sebagai olahraga. Saya lihat ada potensi cabor e-sport di Musi Banyuasin yang kini dominan dikuasai generasi muda," imbuh Dodi.

"Jadi selain dapat pembinaan gratis, siswa PPLP-D di Muba ini juga diberikan uang saku, kalau soal pembinaan dan reward di bidang olahraga kami bakal all out."

Selanjutnya Dodi mengapresiasi salah satu atlet cilik, Andraya Aprilio Sasmita, yang telah dilatih dengan safety riding sejak dini untuk menjadi pebalap andalan.

"Untuk fasilitas sendiri sudah cukup luar biasa, akan terus kita tingkatkan. Fasilitas olahraga seperti stable berkuda ini tahun depan akan kita renovasi berlevel internasional. Kita bangun stadion atletik, kita akan bangun stadion-stadion mini di setiap kecamatan, GOR kalau ada di setiap kecamatan akan kita rehab, tahun depan kalau kondisi keuangan kita stabil akan kita bangun stadion berstandar FIFA, mudah-mudahan bisa menjadi home base bagi club sepak bola kebanggaan kita semua," katanya.

Sementara Plt Kadispopar Musi Banyuasin, Muhammad Fariz, menyebut tiga cabor itu ditambah karena dinilai punya potensi yang dapat dikembangkan.

"Selama ini untuk cabor balap motor sama angkat besi dari Musi Banyuasin itu sudah banyak menyumbangkan prestasi. Sebab itu pembinaan di PPLP-D perlu diadadakan di dua cabor. Sementara e-sport cabor baru yang disahkan dan kita melihat ada potensi prestasi yang tinggi," papar Fariz.

Terakhir, Fariz turut mendampingi Bupati Dodi menyerahkan piagam penghargaan kepada atlet olahraga berprestasi. Mulai atlet Atletik Aldina Dedek, perenang Afif Sultan, dan pepanah Saparullah. Selanjutnya pelatih panahan Ibnu Mawarta, pelatih sepakbola Sukamto, pelatih silat Abbas Akbar, dan pelatih renang Rasyid Usman.



Simak Video "Aspal Karet Jadi Asa Pendongkrak Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com