detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 09 Okt 2020 18:17 WIB

Papua Pastikan Suplai Ikan Saat PON Terpenuhi

Mercy Raya - detikSport
logo dan maskot PON Papua Stok ikan saat PON 2020 dipastikan aman. (Foto: detikcom/Wilpret Siagian)
Jakarta -

Papua sebagai tuan rumah terus menggenjot persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Salah satunya memastikan ketersediaan ikan terpenuhi saat event berlangsung.

Ialah Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Papua yang tengah menggelar forum organisasi perangkat daerah. Tujuan diadakan forum tersebut sebagai upaya dalam menyiapkan kebutuhan ikan saat penyelenggaraan PON berlangsung tahun depan.

"Tahun depan kita (Papua) menjadi tuan rumah PON, makanya dalam rapat forum ini kami akan diskusi hal-hal yang menjadi program kerja dinas perikanan di masing-masing daerah. Bagaimana mereka bisa menyediakan stok ikan untuk PON nanti," kata Sekretaris Dinas, Carlos Matuan, dalam laman resmi PON.

Lokasi penyelenggaraan PON sendiri dibagi menjadi empat kota/kabupaten, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika.

Dari masing-masing kota/kabupaten itu memiliki tingkat kebutuhan konsumsi yang berbeda. Untuk itu, perlu perhitungan yang jelas agar tidak ada kekurangan saat hari pelaksanaan.

Andai pun ada kekurangan diharapkan tidak akan masalah karena kebijakannya juga telah disiapkan.

"Makanya kita koordinasi lagi dengan masing-masing klaster untuk memastikan jumlah kebutuhan ikan selama pelaksanaan PON itu sendiri," tuturnya.

Carlos menambahkan dalam rapat koordinasi juga dibahas dukungan dari kabupaten terdekat di masing-masing klaster untuk mendukung kebutuhan stok ikan.

Seperti klaster Kota dan Kabupaten Jayapura bisa dibantu Kabupaten Sarmi, Biak bisa dibantu Nabire, Serui dan Supiori.

"Jadi sudah diantisipasi kalau memang di klaster tidak mencukupi, maka dari kabupaten lain akan membantu mencukupi, tetapi kita akan usahakan sebisa mungkin untuk mencukupkan," jelasnya.

Ia juga berharap kepada Bupati dan Walikota untuk memberikan dukungan agar program kerja dari dinas perikanan untuk mendukung PON di Papua bisa berjalan lancar dan sukses.

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com