detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 20 Okt 2020 18:15 WIB

Rosan P. Roeslani Pimpin PB PABSI, Janjikan Emas Olimpiade Tokyo

Mercy Raya - detikSport
Pengukuhan dan Pelatikan PB PABSI 2020-2025 Foto: Dok. Humas KONI Pusat
Jakarta -

Rosan Perkasa Roeslani kembali dipercaya untuk memimpin Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI). Ia berjanji mempersembahkan medali emas Olimpiade Tokyo.

Rosan kembali menahkodai angkat besi dengan federasi yang lebih mandiri dari sebelumnya menaungi tiga cabang sekaligus. Selain angkat besi, ada angkat berat dan binaraga.

Namun, merujuk pada arahan International Weightlifting Federation (IWF) ketiga cabang olahraga diminta memisahkan diri dan membentuk federasi masing-masing untuk menghindari adanya doping. Akhirnya PB PABBSI dibubarkan dan masing-masing membentuk tim formatur sendiri.

Mereka ialah tim formatur PABSI (angkat besi), PBFI (binaraga dan fitnes), Pabersi (angkat berat) yang bertugas untuk menyusun kepengurusan dan menentukan ketua umumnya.

Selama proses penyusunan itu, PABSI ternyata juga telah menyusun kepengurusannya secara mandiri. Bahkan sudah disahkan oleh KONI Pusat ditandai dengan dikeluarkannya SKEP KONI Pusat Nomor 087 tahun 2020 tentang pengukuhan personalia PB PABSI masa bakti 2020-2025.

Hasilnya, Rosan dipilih untuk tetap memimpin angkat besi. Pengukuhan susunan kepengurusan PB PABSI yang baru itu pun dilakukan di Kantor KONI Pusat, di bilangan Senayan, pada Selasa (20/10/2020). Upacara pelantikan disaksikan Menpora Zainudin Amali melalui virtual.

"Angkat besi adalah salah satu olahraga andalan Indonesia. Selama ini atlet-atlet angkat besi telah membanggakan Indonesia," kata Ketua KONI Pusat Marciano Norman dalam keterangan rilisnya.

Pengukuhan dan Pelatikan PB PABSI 2020-2025Pengukuhan dan Pelatikan PB PABSI 2020-2025. Foto: Dok. Humas KONI Pusat

Tak hanya itu, pembinaan atlet yang dilakukan PB PABSI juga sukses dan berjenjang. Ditambah dengan penerapan sport science yang berjalan sesuai dengan harapan pemerintah.

Hal serupa dikemukakan Menpora Amali. Ia bahkan memuji PB PABSI yang taat aturan federasi internasionalnya. "Apa yang diakui KONI, itu yang kami (Kemenpora) akui," kata Menteri asal Gorontalo itu.

"PB PABSI ini organisasinya adem tapi prestasinya luar biasa. Angkat besi juga salah satu organisasi yang tata kelolanya baik. Oleh karena itu, pemerintah (Kemenpora) tidak segan-segan membantu."

Di kepengurusannya saat ini, Ketua Umum PB PABSI Rosan P. Roeslani langsung menjanjikan medali emas di Olimpiade Tokyo tahun depan. Ia juga menyebut akan mengusahakan membentuk 32 pengurus PABSI di tingkat provinsi dalam waktu dekat.

"Kami bertekad ingin mengharumkan nama bangsa dan negara dalam ajang yang akan datang," kata Rosan.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com