detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 28 Okt 2020 13:51 WIB

Satu Kampung Sama Khabib, Petarung UFC Penuh Gaya: Zabit

Afif Farhan - detikSport
Zabit Magomedsharipov Satu Kampung Sama Khabib, Petarung UFC Penuh Gaya: Zabit (Instagram/zabit_magomedsharipov)
Dagestan -

Khabib Nurmagomedov pensiun dari UFC. Ada penerusnya yang satu kampung dengannya, ini Zabit Magomedsharipov yang bertarung bak shaolin.

UFC 254 di Fight Island, Abu Dhabi pada Minggu (25/10) merupakan panggung terakhir Khabib Nurmagomedov. 'The Eagle' ditantang Justin Gaethje demi mempertahankan sabuk juara kelas ringannya.

Khabib cuma butuh dua ronde untuk menuntaskan Justin Gaethje. Lewat triangle choke, Justin dibuat menyerah.

Setelahnya, Khabib Nurmagomedov menyatakan pnsiun dari UFC. Rekor kemenangaannya mentereng, 29-0 alias tak pernah kalah!

Setelah era Khabib, ada beberapa petarung asal Dagestan (tempat lahirnya Khabib) yang juga berlaga di UFC dan bisa meneruskan kejayaan 'The Eagle'. Salah satunya si Zabit Magomedsharipov.

Zabit merupakan petarung kelas featherweight alias kelas bulu di UFC peringkat ketiga sementara ini, dengan rekor kemenangan 18 kali menang dan sekali kalah.

Dia berusia 29 tahun. Sebelum terjun di UFC, Zabit sudah menjuarai Absolute Championship Akhmat, semacam kompetisi MMA di Rusia.

Zabit MagomedsharipovZabit Magomedsharipov (Instagram/zabit_magomedsharipov)

Menariknya, dia punya gaya bertarung wushu sanda atau juga dikenal dengan nama sanshou. Wushu sanda dikembangkan oleh militer China yang berbasis pada studi dan praktek Kung fu tradisional dan teknik tempur pertarungan modern.

Wushu sanda lebih ringkas dan simpel tanpa jurus-jurus tertentu. Wushu sanda menekankan pada kecepatan, keterampilan mengkombinasikan serangan, dan keefektifan. Wushu sanda pun dipelajari oleh masyarakat China sebagai bentuk self defense.

Lewat gaya bertarung itulah, Zabit Magomedsharipov menjadi pembeda di UFC. Pertarungannya selalu terlihat menarik.

Zabit MagomedsharipovSalah satu aksi Zabit Magomedsharipov (Instagram/zabit_magomedsharipov)

Beberapa kali penampilan Zabit Magomedsharipov memang fenomenal. Dia begitu mudah melakukan tendangan lutut terbang, menerjang tendangan dengan kaki kiri dan kanan bergantian dengan cepat, hingga melakukan bantingan dari luar sisi lawan.

"Saya hanya ingin tampil berbeda tiap pertarungan dan mencoba serangan baru. Itu menyenangkan," katanya kala diwawancarai oleh BT Sport.

Bisa harumkan nama Dagestan di UFC, Zabit?

[Gambas:Instagram]



(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com