detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 04 Nov 2020 11:09 WIB

Jokowi Minta Road Map Pencalonan Tuan Rumah Olimpiade 2032 Disiapkan

Mercy Raya - detikSport
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo meminta road map pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 segera disiapkan. Sebabnya, proses seleksi mulai 2 tahun lagi.

Hal itu ia sampaikan pada saat pembukaan Rapat Terbatas tentang rencana pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2032 di Istana Merdeka, Rabu (4/11/2020), yang berlangsung virtual.

Dalam kata sambutannya, Jokowi lebih dulu menyinggung soal kesuksesan Asian Games dan Asian para Games yang berlangsung 2018 lalu. Ia berkata keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah membuka rasa percaya diri dan membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu.

Hal itulah yang melatarbelakangi pencalonan RI di multiajang olahraga terbesar sejagad raya tersebut.

"Dan untuk jadi tuan rumah olimpiade 2032 bersiang dengan Australia, Qatar, Jerman, unifikasi Korea, dan India, bahwa untuk jadi tuan rumah olimpiade ini bukan sesuatu gagah-gagahan tapi salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa," kata Jokowi.

Eks walikota Solo ini pun meminta kepada seluruh pihak agar pencalonan Indonesia harus dijadikan momentum menata diri dan memperbaiki diri yang selama ini masih kurang. Baik itu instrastruktur keolahragaan, prestasi atlet, visibilitas global sebagai kota penyelenggara dan sebagainya.

Hal lain yang disoroti Jokowi ialah terkait IOC (Komite Olimpiade Internasional) yang menetapkan norma baru tuan rumah yang hemat biaya.

"Ini penting untuk dipelajari. Filosofi baru ini olimpiade bukan menunjukkan kemewahan tapi sejauh mana kreatifitas bisa diimplmentasikan dengan lebih sederhana," dia menuturkan.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga meminta agar road map pencalonan segera disiapkan menyesuaikan timrline yang ditetapkan IOC.

"Ketiga, saya minta road map pencalonan disiapkan dengan baik berdasarkan timeline dengan baik sesuai yang ditetapkan IOC. Penetapan tuan rumah akan ditetapkan 2024, proses seleksi yang akan ditetapkan dalam 2023," ujar Jokowi lagi.

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com