detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 08 Nov 2020 05:23 WIB

Sambut Hari Pahlawan, PB eSports Gelar Turnamen Antarpelajar

Mohammad Resha Pratama - detikSport
PB ESI gelar turnamen Free Fire antarpelajar SeJabodetabek PB ESI gelar turnamen Free Fire antarpelajar sambut Hari Pahlawan (dok.PB ESI)
Jakarta -

PB eSports Indonesia (PB ESI) terus mencari bibit terbaik dari olahraga elektronik ini. Salah satunya dengan menggelar Kompetisi Free Fire antarpelajar se-Jabodetabek.

eSports memang jadi lahan basah dalam beberapa tahun terakhir. Demam gaming di kalangan pelajar dan anak muda jadi alasan mengapa olahraga ini terus berkembang, termasuk sempat dipertandingkan di SEA Games 2019 dan Asian Games 2018 sebagai eksebisi.

Nah, di Indonesia sendiri, pererkembangannya juga pesat. Terbukti di awal tahun ini PB eSports Indonesia atau PB ESI dibentuk demi menjadi wadah para gamer mencari prestasi dan ketenaran.

Nah, PB ESI juga tak melupakan pembinaan di tingkat pelajar dengan terus menggali potensi atlet eSports terbaik di sana. PB ESI akan menggelar Piala Pelajar Jabodetabek Season 1 #Pelajar Untuk Negeri ini sedari 9 hingga 13 November.

Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati hari pahlawan 10 November. Game yang dipertandingkan adalah Free Fire.

Proses pendaftaran sudah dimulai sejak 5 November dan berakhir 7 November. Sampai pendaftaran ditutup, jumlah peserta sudah mencapai 6.000 tim dari 500 sekolah yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Ketua Harian PB ESI, Komjen Pol. Bambang Sunarwibowo, mengatakan kegiatan ini adalah salah satu program menjaring bibit-bibit muda untuk menjadi atlet eSports profesional yang dapat tampil di ajang internasional.

"Sampai hari ini, jumlah peserta yang sudah mendaftar mencapai 6.000 tim dari 500 sekolah yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Ini diperkirakan masih akan bertambah karena akan di tutup sampai pukul 00.00 WIB malam nanti," ucap Bambang di Gandaria 8, Jakarta Selatan, Sabtu (7/11/2020), dalam rilis kepada detikSport.

Bambang berharap dapat memotivasi para pelajar khususnya sekolah menengah untuk memilih kegiatan yang positif dan juga berprestasi, terutama di tengah pandemi COVID-19.

Pemilihan kompetisi game Free Fire ini karena alat yang disiapkan oleh para pelajar tidaklah sulit. Game ini pun dianggap menjadi idola anak-anak pelajar.

"Kita berharap untuk mencari bibit-bibit unggul yang siap bertarung di kancah internasional di masa mendatang," sambungnya.

Pertandingan ini akan digelar selama 4 hari ini akan mempertandingkan game Free Fire. Penyelenggaraan acara ini akan digelar secara online dan grand final akan digelar secara semi online pada tanggal 13 november 2020, di kantor PB Esports Indonesia, dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

PB ESI menyiapkan total hadiah untuk Piala Pelajar Jabodetabek Season 1 ini sebesar Rp 500 juta. Hadiah tersebut terdiri dari uang senilai Rp 300 juta yang akan diberikan untuk para pemenang 12 tim terbaik dan sebesar Rp 200 juta akan diberikan sebagai uang pembinaan eSports untuk 10 tim terbaik.



Simak Video "Indonesia Akan Punya Training Center Khusus eSports"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com