detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 09 Nov 2020 22:45 WIB

'Pembentukan Komite Khusus Bidding Olimpiade Mesti Rampung Tahun Ini'

Mercy Raya - detikSport
Menpora Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali berharap komite bidding Olimpade 2032 terbentuk akhir tahun ini. (Foto: dok. Kemenpora)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali mengharapkan pembentukan komite khusus persiapan bidding Olimpiade 2032 rampung akhir tahun ini. Saat ini masih tahap koordinasi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas dengan Menpora dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) meminta untuk disiapkan komite khusus persiapan bidding. Tujuannya untuk memenangkan RI menjadi tuan rumah pada 12 tahun mendatang.

Lantas nyaris sepekan dari permintaan Presiden tersebut, sudah sejauh mana persiapan pembentukan komite khusus bidding pencalonan Indonesia tuan rumah Olimpiade tersebut?

"Belum ada nama-nama (yang menduduki komite khusus). (Kami) masih koordinasi terus," kata Zainudin Amali kepada detikSport, Senin (9/11/2020).

Meskipun begitu, Amali berkeinginan agar komite bidding Olimpiade 2032 tersebut segera terbentuk secepatnya. Hal ini sekaligus sebagai respons cepat pihaknya atas arahan Presiden.

"Enggak ada deadline sih tapi harus dikerjakan secepatnya. Kalau bisa tahun ini sudah terbentuk ya," dia menuturkan.

Menyoal sosok yang menempati posisi tersebut, menteri asal Gorontalo itu juga tak bisa mengungkapkan detail karena masih dalam tahap koordinasi. "Yang pasti gabungan dari lintas kementerian dan lembaga serta KOI," Amali mengungkapkan.

"Iya (pokoknya) kami cepat koordinasi dengan lintas K/L terkait. Karena kalau dengan KOI sudah koordinasi terus bahkan sebelum Ratas dilakukan."

Saat ini sudah ada beberapa negara yang telah mengajukan diri untuk menjadi host Olimpiade di 2032. Indonesia akan bersaing dengan Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, dan India.

Adapun penentuan tuan rumah Olimpiade 2032 ini akan ditetapkan pada 2024 nanti. Sementara, proses seleksi dimulai pada 2023.



Simak Video "Indonesia Bidik Wisata Olahraga Sebagai Sumber Devisa Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com