detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 16 Nov 2020 11:20 WIB

Mantap! Merah Putih Berkibar Lagi di Kejuaraan Dunia Remaja 2020

Mercy Raya - detikSport
Riski Juniansyah Boyong Tiga Emas di Kejuaraan Dunia Remaja 2020 Mantap! Merah Putih Berkibar Lagi di Kejuaraan Dunia Remaja 2020. (Foto: Dok. IWF)
Jakarta -

Lifter Indonesia kembali meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Remaja IWF Online Youth World Cup 2020. Ada Rizki Juniansyah yang menyabet tiga emas!

Rizki Juniansyah meraih emasnya di kelas 73 kg yang digelar secara virtual. Atlet berusia 17 tahun itu berhasil mencatatkan total angkatan 325 kg, usai membukukan 145 kg snatch dan 180 kg untuk angkatan clean and jerk.

Riski Juniansyah Boyong Tiga Emas di Kejuaraan Dunia Remaja 2020Riski Juniansyah berjaya di Kejuaraan Dunia Remaja 2020. Foto: Dok. IWF

Ia sukses mengalahkan dua pesaingnya dari Latvia Viads Prokofjevs dan lifter Ukraina Maksym Demchyshyn yang masing-masing berhak atas medali perak dan perunggu.

Mereka membukukan total angkatan 288 kg (128 snatch dan 160 clean and jerk), serta 279 kg (121 kg snatch dan 158 kg clean and jerk).

Melalui tiga angkatan yang diciptakan Riski itulah akhirnya menghasilkan pundi-pundi emas untuk Indonesia.

Prestasi gemilang Rizki kemudian diapresiasi Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) melalui wakil ketua umumnya, Djoko Pramono.

"Tentu hasil ini sangat memuaskan, angkatannya juga bagus. Artinya, tidak ada yang berhasil tanpa ada perjuangan berat, termasuk yang dilakukan oleh anak-anak muda ini," kata Djoko kepada detikSport, Senin (16/11/2020).

Riski Juniansyah Boyong Tiga Emas di Kejuaraan Dunia Remaja 2020Riski Juniansyah berhasil meraih tiga emas di Kejuaraan Dunia Remaja 2020. Foto: Dok. IWF

"Ini merupakan terobosan dari PB PABSI bagaimana kami (berupaya untuk menerapkan pelatnas untuk youth dan junior) karena sebelumnya tidak ada pembinaan khusus untuk kedua level tersebut. Nah, ini PB PABSI ajukan sudah dua tahun lalu. Pertama tidak boleh, tapi akhirnya diperbolehkan saat Wapres dan menteri lama meninjau (angkat besi), akhirnya diperbolehkan. Terobosan ini lah yang akhirnya kami rasakan (hasilnya)," dia menjelaskan.

"Selama ini kan hanya event-event saja, tapi pembinaannya tidak ada. Meskipun banyak yang tidak sependapat tapi kita bisa membuktikan berhasil sehingga PABSI bisa punya anak-anak yang siap untuk menggantikan Eko Yuli Irawan, Triyatno, Sri Wahyuni," dia menegaskan.

Sebelum ini sudah ada pula lifter muda Indonesia, Muhammad Faathir, yang berhasil bikin Merah Putih berkibar dengan raihan dua medali emas dan satu perak di Kejuaraan Dunia Remaja IWF Youth World Cup 2020 tersebut.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com