detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 16 Nov 2020 21:00 WIB

Teqball Indonesia Bersiap ke Turnamen Internasional

Randy Prasatya - detikSport
Teqball Indonesia Pengurus Pusat Indonesia Teqball (PP INATEQ) melantik 8 Pengurus Provinsi (Pengprov) di Jakarta. (PP Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pengurus Pusat Indonesia Teqball (PP INATEQ) melantik delapan Pengurus Provinsi (Pengprov) di Jakarta. PP INATEQ langsung membidik tampil di ajang internasional.

Teqball adalah salah satu olahraga yang tergolong baru di Indonesia. Setelah melantik delapan pengprov, pada Senin (16/11/2020) di Jakarta, Teqball bersiap menuju Asian Beach Games di Sanya, Tiongkok, 2-10 April 2021. Serta Asian Indoor Martial Arts Games (AIMAG) di Bangkok, 21-30 Mei 2021.

PP INATEQ dalam waktu dekat akan melakukan seleksi nasional atlet teqball di daerah. Kehadiran delapan pengprov baru diharapkan bisa mempermudah penyaringan atlet.

"Seleknas Teqball itu menjaring atlet-atlet potensial untuk dipersiapkan memperkuat Timnas Teqball Indonesia yang akan diterjunkan di ABG dan AIMAG," kata Manajer Sports Development PP INATEQ, Teddy Minahasa.

sebelum proses seleksi berjalan, pihaknya akan mendatangkan pelatih asing. Hal itu bertujuan membantu program pembinaan atlet teqball di Indonesia.

"Rencananya sih pelatih asing dari FITEQ (Federasi Teqball Internasional) akan tiba di Indonesia pekan terakhir November. Dia akan memberikan program kepelatihan secara virtual kepada seluruh pelatih klub yang ada di Indonesia hingga akhir Desember," lanjutnya.

Saat ini terdapat tujuh klub teqball yang ada di Indonesia. Di antaranya PSM Makassar, STC Soccer Tangerang, Jakarta Teqball Club, PS Unesa Surabaya, Minangkabau Padang, Jateng Teqball Club Semarang, dan SMPN 111 Jakarta.

PP INATEQ ke depannya punya misi besar, yakni memunculkan teqball sebagai cabang olahraga eksebisi di ajang Asian Games dan Olimpiade.

"Olahraga teqball itu sudah menjadi member Dewan Olimpiade Asia (OCA), dan akan resmi dipertandingkan pada Asian Games 2022 dan Olimpiade Paris 2024 sebagai cabang eksebisi," tutur Ketua Umum PP INATEQ, Hellen Sarita de Lima.



Simak Video "Ajukan RI Jadi Tuan Rumah Olimpiade, Jokowi Siapkan Roadmap"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com