detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 14 Des 2020 11:55 WIB

Vaksin Corona Datang, Menpora Usul Atlet dan Pelatih Diprioritaskan

Mercy Raya - detikSport
Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali ingin atlet dan pelatih mendapat prioritas divaksin virus corona. (Foto: Rilis Kemenpora)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali berencana mengusulkan atlet dan pelatih untuk mendapatkan vaksin Corona. Tujuannya agar kegiatan olahraga bisa aktif kembali.

Seperti diketahui, pandemi COVID-19 nyaris melumpuhkan seluruh kegiatan olahraga. Hal itu pun berdampak pada program atlet terutama yang akan mengikuti kejuaraan.

Kendati pelatnas berjalan, pelatih juga tak bisa sepenuhnya menjalankan programnnya 100 persen itu karena khawatir dengan penurunan imunitas tubuh atlet.

Sejauh ini, Indonesia telah menetapkan enam vaksin yang bisa digunakan di Indonesia. Salah satunya vaksin COVID-19 buatan Sinovac dan masih membutuhkan pengembangan serta izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Amali mengapresiasi upaya pemerintah untuk lebih cepat menyediakan vaksin. Ia pun berharap vaksin bisa diberikan ke atlet dan pelatih sebagai prioritas.

"Upaya Pemerintah untuk segera menyiapkan vaksin bagi masyarakat adalah hal yang menggembirakan. Saya berharap dengan adanya vaksin masal kepada masyarakat akan menjadi upaya signifikan penangan pandemi COVID-19," kata Amali kepada detikSport, Minggu (13/12/2020).

"Saya akan coba untuk membicarakan vaksin ini dengan stakeholders olahraga dalam waktu dekat. Saya akan mengusulkan vaksin untuk para atlet dan pelatih," ujarnya.

Menteri asal Gorontalo ini berharap dengan diberikannya vaksin kepada atlet dan pelatih maka kegiatan olahraga yang sekarang masih terhenti bisa aktif kembali.

"Terutama kami prioritaskan buat para atlet dan pelatih yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai kejuaraan, turnamen, kompetisi baik nasional maupun internasional sebagai tahap awal."

"Saya inginkan usulan ini bisa mendapatkan respon yang baik dari stakeholders olahraga khususnya para pimpinan cabor/induk organisasi yang saat ini sedang mempersiapkan menyambut berbagai event olahraga 2021," kata Amali menegaskan.

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com