detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 17 Des 2020 17:50 WIB

Doha Resmi Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030

Mercy Raya - detikSport
Asian Games 2030 digelar di Doha, Qatar. Asian Games 2030 digelar di Doha, Qatar. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Doha, ibu kota Qatar, secara resmi menjadi tuan rumah Asian Games 2030. Mereka meraih suara mayoritas dari negara-negara Asia.

Diberitakan sebelumnya, Doha dan Riyadh bersaing ketat menjadi tuan rumah Asian Games ke-21 dan hasilnya akan ditentukan dalam OCA General Assembly ke-39, Rabu (16/12/2020) di Muscat, Oman.

Hasilnya, dari 45 Komite Olimpiade Nasional negara-negara Asia yang mengikuti sidang umum 27 suara menyatakan dukungan kepada Doha, dan 10 suara untuk Riyadh. Sementara itu 8 suara memilih abstain.

Dengan mayoritasnya dukungan yang diberikan maka Doha resmi menjadi tuan rumah multiajang olahraga Asia empat tahunan itu untuk kali kedua. Sebelumnya, mereka pernah menggelar multievent tersebut pada 2006.

Sementara itu, Riyadh akan menjadi tuan rumah Asian Games ke-22 pada 2034, yang berarti empat Asian Games berikutnya sudah ada dan tahun tuan rumah berikutnya yang tersedia adalah 2038 atau untuk 18 tahun mendatang.

Presiden Olympic Council of Asia (OCA), Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah, sebelum pemungutan suara sempat melakukan pertemuan lebih dulu dengan perwakilan dari dua kota kandidat.

Mereka melakukan kesepakatan terkait kota dengan jumlah suara tertinggi akan menjadi tuan rumah Asian Games 2030 dan kota dengan suara terbanyak kedua akan menjadi tuan rumah 2034.

Menurut Sheikh hal itu dilakukan untuk memperkuat persahabatan, solidaritas dan persatuan dan untuk menghasilkan situasi yang 'sama-sama menang'. Bahkan, Sheikh juga meminta dukungan dari 45 delegasi NOC dan mereka menyetujui dengan suara bulat, tanpa ada yang menentang kebijakan tersebut.

"Saya yakin Anda membuat sejarah, dan saya akan bangga memiliki dua Asian Games di Asia Barat," kata Sheikh Ahmad dalam laman resmi OCA.

"Terima kasih Asia atas solidaritas dan koordinasi Anda," ucap dia.



Simak Video "Demam Piala Dunia di Bandara International Doha"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com