Game Esport Lokal Ini Bakal Dipertandingkan di PON Papua

Randy Prasatya - Sport
Jumat, 18 Des 2020 20:09 WIB
Game Esport Lokal Ini Bakal DiPertandingkan di PON Papua
Lokapala siap beraksi di PON Papua. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Game Lokapala buatan anak Indonesia mulai berkembang di Tanah Air. KONI berupaya untuk memasukkannya dalam ajang PON 2021.

Lokapala mulai dirlis pada Februari 2020 dengan dikembangkan oleh Anantarupa Studios. Ini menjadi game esports pertama dari Indonesia dan satu-satunya game esports dari Asia Tenggara, yang mempelopori kolaborasi lintas sektor industri untuk dapat bersaing dengan game-game impor yang sudah menguasai market Indonesia, sehingga industri game lokal dapat bertahan dan bangkit di tengah pandemi.

Ketua Umum KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), Bapak Letjen (Purn.) Marciano Norman, bersama segenap pengurus KONI Pusat menyambut baik usaha Anantarupa dengan melakukan kunjungan pada hari Kamis (17/12/2020) untuk mendukung Lokapala menjadi bagian dari industri esports nasional.

Lokapala memiliki potensi menjadi game esports lokal untuk mengisi panggung esports nasional, sebagai game esports satu-satunya yang mengangkat 8 nilai Keksatriyaan yang memperkenalkan kembali budaya dan sejarah yang telah terlupakan, sehingga dengan bermain Lokapala dapat berguna bagi pembentukan karakter anak bangsa.

"Kita tidak menutup game impor, tetapi Lokapala sebagai game esports lokal ini harus kita support bersama dan harus kita kasih kesempatan untuk bersaing dengan game impor secara berimbang." kata Marciano.

Sepertiga dari total penduduk di Indonesia yang mencapai 100 juta orang, bermain game dan menyumbangkan 99% untuk pendapatan game impor. Norman Marciano menyampaikan harapan dan menegaskan, keinginannya ke depan bahwa KONI menjadi bagian penting dalam mempromosikan dan mendorong Lokapala sebagai game esports nasional.

Marciano Norman mengapresiasi eksistensi Lokapala dan berencana untuk menjadikan esports sebagai cabang olahraga ekshibisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua, tentunya dengan menjadikan Lokapala sebagai satu di antara gim yang dipertandingkan.

"Esports akan menjadi salah satu cabang eksebisi pada PON ke-20 di bulan Oktober 2021 mendatang, yang bertempat di Papua. KONI melalui PB Esports akan memberikan kesempatan bagi Lokapala untuk dapat menjadi salah satu game yang dipertandingkan." lanjut Marciano.



Simak Video "Amankan PON, Polri Kirim Puluhan Kendaraan ke Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/nds)