detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 21 Des 2020 18:03 WIB

Perenang Muda Indonesia Ini Raih Dua Medali di Australia

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Capaian apik diukir oleh perenang muda Indonesia, Elysha Pribadi, di pengujung tahun ini. Elysha meraih dua medali pada kejuaraan di Australia, 12-18 Desember Perenang muda Indonesia Elysha Pribadi raih dua medali di Australia (Istimewa)
Brisbane -

Capaian apik diukir oleh perenang muda Indonesia, Elysha Pribadi, di pengujung tahun ini. Elysha meraih dua medali pada kejuaraan di Australia.

Elysha memang jadi salah satu perenang muda yang dipantau bakatnya oleh PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) belakangan ini. Kebetulan Elysha kini tengah menempuh pendidikan di Australia, tepatnya di Queensland.

Sayang pandemi virus corona sepanjang tahun ini sudah membuat aktivitas Elysha terbatas sehingga dia pun sempat frustrasi. Karena tidak bisa beraksi di kolam renang, Elysha pun memilih memulai renang dari laut untuk menjaga kebugaran.

Latihan keras itu berujung hasil ketika dia menciptakan rekor nasional sekaligus. Pada bulan Agustus, Elysha Elysha juga memecahkan rekor gaya dada 50 meter pada Speedo Short Course Meet di Brisbane Aquatic Center.

Lalu sebulan setelahnya, Elysha kembali memecahkan rekor nasional gaya dada 100 meter dan 200 meter pada ajang 2020 McDonald's QLD Short Course Championship, di tempat yang sama.

Pada pengujung 2020, Elysha tampil lagi di McDonald's Queensland Championship 2020, Queensland pada 12-18 Desember demi menjaga kondisi fisiknya. Format kejuaraan ini adalah sesi kualifikasi di pagi hari, yang dilanjutkan sesi final di malam hari.

Elysha yang turun di lima nomor untuk kelompok umur 15 tahun, berhasil memasuki sesi final seluruhnya dan menyabet dua medali perunggu. Yang pertama di nomor gaya dada 200 meter dengan catatan 02 menit 39,46 detik, lalu gaya dada 100 meter dengan dengan catatan 1 menit 13,64 detik.

Elysha juga berhasil membuat waktu terbaiknya pada nomor 200 meter gaya ganti 02 menit 24,37 di posisi empat dan 100 meter gaya bebas 59,36 detik di peringkat tujuh.

Sayangnya, Elysha gagal mencapai podium medali pada final gaya punggung 100 meter karena cuma finis kelima dengan waktu 1 menit 6,52 detik.

Capaian apik diukir oleh perenang muda Indonesia, Elysha Pribadi, di pengujung tahun ini. Elysha meraih dua medali pada kejuaraan di Australia, 12-18 DesemberPerenang muda Indonesia Elysha Pribadi (kanan) meraih dua medali pada kejuaraan di Australia, 12-18 Desember Foto: Istimewa

"Secara keseluruhan saya merasa tidak puas dengan hasil yang dicapai, karena bukan hasil terbaik saya. Ini jadi bahan evaluasi akhir tahun untuk mempersiapkan diri menjadi lebih baik lagi di 2021," ucap Elysha dalam rilis kepada detikSport.

"Saya belajar banyak dari event ini dimana cukup menantang secara fisik maupun mental. Saya cukup gembira dapat masuk final di semua lima nomor yang diikuti, serta dapat bersaing dengan perenang-perenang terbaik di Queensland," papar Elysha.

Elysha, yang akan jadi andalan kontingen DKI Jakarta di PON 2020 Papua, bangga dengan hasilnya di kejuaraan ini dan berharap bisa jadi modal menatap kejuaraan tahun depan.

"Pastinya juga bangga banget, Klub saya, St Peters Western menjadi juara umum provinsi (States Champion) dan juara klub terbaik (Champion Club) 2020 di Queensland," tutup Elysha Pribadi.

(mrp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com