detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 24 Des 2020 18:52 WIB

Didik Mukrianto Jadi Wakil Presiden Asia Rugby

Randy Prasatya - detikSport
Ketua Umum Persatuan Rugby Union Indonesia, Didik Mukrianto Didik Mukrianto telah dipilih oleh Komite Eksekutif Asia Rugby untuk mengisi posisi Wakil Presiden ke-3. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Presiden Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI), Didik Mukrianto, telah dipilih oleh Komite Eksekutif Asia Rugby untuk mengisi posisi Wakil Presiden ke-3.

Didik Mukrianto akan segera mengambil alih peran sebagai Wakil Presiden ke-3, menyusul pengunduran diri pengurus sebelumnya.

"Alhamdulillah, kesempatan berharga buat saya, buat Rugby Indonesia yang telah diberi kepercayaan untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Wakil Presiden Asia Rugby. Tentu kepercayaan ini menjadi motivasi dan komitmen saya untuk lebih giat lagi memajukan Rugby di Asia termasuk Indonesia", kata Didik.

Didik memiliki gelar Doktor di bidang Hukum dan saat ini menjabat di Komisi III bidang hukum, hak asasi manusia, dan keamanan. Dia adalah Ketua Karang Taruna, organisasi pemuda nasional terbesar di Indonesia, yang dibentuk pada tahun 1960 dan memiliki cabang di tingkat kecamatan di seluruh Indonesia.

Dia juga Kepala Hukum dan advokasi untuk Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) nasional, salah satu organisasi Silat (Seni Bela Diri Nasional Indonesia) tertua, yang didirikan pada tahun 1922, memiliki sekitar 25 juta anggota di seluruh Indonesia.

Sebelum terlibat dalam rugby, Didik pernah bertugas di PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia. Dia menempati posisi di Komisi Hukum dan Banding.

Pada 2017, dia terpilih sebagai Presiden PRUI dan menjadi kekuatan di balik pertumbuhan rugby yang luar biasa di Indonesia.

Di bawah kepemimpinannya, jumlah partisipasi Get Into Rugby (GIR) telah berkembang dari 1.875 pada tahun 2016 menjadi 27.128 pada tahun 2019, dan Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah Asian Games yang bersejarah pada tahun 2018 di mana Rugby Sevens ditampilkan dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach menghadiri ajang itu.

PRUI juga telah menyelenggarakan banyak acara Asia Rugby lainnya selama empat tahun terakhir.

Didik Mukrianto baru-baru ini menerima penghargaan sebagai salah satu Pimpinan Olahraga Nasional terbaik dari Ikatan Jurnalis Indonesia atas semangat dan komitmennya dalam rugby di Indonesia.

Filosofinya adalah menumbuhkan rugby sebagai instrumen diplomasi yang halus untuk mewujudkan perdamaian dunia.



Simak Video "Kemeriahan Festival Rugby, Kuta"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com